Prodi Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana terbentuk melalui beberapa perkembangan. Penggagas awal sekaligus pendiri Program Studi Ilmu Kelautan di Universitas Udayana di pelopori oleh Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Udayana periode 2009-2013. Gagasan ini dimatangkan dengan berdirinya Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang bertempat di Kampus Unud Bukit Jimbaran.
Ide pendirian Program Studi Ilmu Kelautan makin mendapatkan dukungan berbagai pihak, termasuk dari Yamaguci University dan Chiba University Japan. Setelah penyusunan dan melalui beberapa tahapan evaluasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional akhirnya menerbitkan Surat Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kelautan (S1) pada Universitas Udayana di Denpasar, dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 47/E/O/2012 Tanggal 03 Februari 2012.

Deskripsi Prodi Ilmu Kelautan 
Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan berkomitmen menjadi program studi yang mampu meningkatkan kajian akademis di bidang kelautan dan perikanan dengan mencetak umberdaya manusia yang unggul di bidang kelautan dan perikanan. Keberhasilan Universitas Udayana dalam mencetak lulusan yang bermutu dalam bidang ilmu kelautan dan perikanan akan menjadi nilai tambah bagi perguruan tinggi terbesar di Bali ini untuk menuju world class university.
Adapun Visi Program Studi Ilmu Kelautan adalah:
“Menjadi lembaga pendidikan yang mampu menciptakan sumber daya manusia di bidang ilmu kelautan yang unggul, mandiri dan berbudaya, baik pada tingkat lokal, nasional maupun internasional.”
Sedangkan, Misi Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Udayana adalah:
  • Menyelenggarakan pendidikan ilmu kelautan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi kemampuan interpersonal, teknikal, intelektual, berdedikasi tinggi serta menerapkan, mengembangkan dan menemukan konsep baru dalam bidang ilmu kelautan.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian dalam ilmu kelautan yang sesuai dengan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Menghasilkan peneliti dan pemikir yang mutakhir sehingga aplikasi IPTEK menjadi optimal bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 
Durasi S1 Program Studi Ilmu Kelautan
Calon Sarjana dalam Program Studi Ilmu Kelautan minimal wajib mengambil SKS sebanyak 144 SKS dalam 8 semester perkuliahan atau setara dengan 4 tahun akademik.

Bidang Keahlian Pengajar Program Studi Ilmu Kelautan
o Biologi Laut
o Ekowisata Kelautan
o Pengindraan Jauh Kelautan
o Meterorologi dan Iklim Kelautan
o Oseanografi Fisika
o Oseanografi Kimia
o Teknik Pantai dan Laut
o Selam Ilmiah
o Genetika dan Molekuler

Peluang Kerja Lulusan S1 Program Studi Ilmu Kelautan
Lulusan S1 Program Studi Ilmu Kelautan dapat menjadi seorang:

• Community Leader (Pemimpin di komunitasnya)
Sarjana Ilmu Kelautan dapat menjadi figur pemimpin yang dinamis, cerdas dan inovatif,; menjadi komunikator yang berfungsi sebagai mediator antara sesama anggota komunitas, komunitasnya dengan komunitas lain dan komunitasnya dengan pemerintah; dan menjadi rehabilitator yang dapat memberikan solusi bagi komunitasnya dan dapat mengayomi komunitasnya sehingga lingkungan komunitas daerah tersebut dapat terjaga.

• Educator (Pendidik)
Sebagai pendidik atau marine educator, memiliki peran untuk mendidik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat tentang lingkungan kelautan, potensi kelautan, pemanfaatan sumberdaya kelautan dan dapat menjelaskan pentingnya lingkungan laut bagi kehidupan manusia.

• Manager (Pengelola)
Lulusan Ilmu Kelautan dapat mengelola Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu pada dasarnya ditujukan untuk mendapatkan pemanfaatan sumber daya dan jasa-jasa lingkungan yang terdapat diwilayah laut secara berkelanjutan dan optimal bagi kemakmuran rakyat.

• Enterpreneur (Wirausaha)
Seorang sarjana ilmu kelautan dapat membuat suatu usaha dalam bidang kelautan dengan memanfaatkan kompetensi ilmu yang dimiliki, baik bidang pariwisata, penjualan jasa, pembudidayaan dan penjualan biota laut yang sesuai dengan aturan pemerintah.

• Practitioner (Praktisi)
 Sarjana Ilmu Kelautan dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dengan menganalisisdata yang telah ada dan dapat memberikan informasi yang dapat mempengaruhi kebijakancyang akan dilakukan pemerintah.


Visi
Menjadi lembaga pendidikan yang mampu menciptakan sumberdaya manusia di bidang kelautan yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya serta berdaya saing global.

Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Kelautan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi kemampuan Interpersonal, Teknikal, Intelektual, berdedikasi tinggi serta mampu menerapkan, mengembangkan dan menemukan konsep baru dalam bidang Ilmu Kelautan

      2. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian dalam ilmu kelautan yang sesuai dengan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara

        3.  Menghasilkan peneliti dan pemikir yang mutakhir sehingga aplikasi iptek menjadi optimal bagi Kemajuan dan Kesejahteraan masyarakat 


          BROSUR



          AKREDITASI ILMU KELAUTAN


          sertifikat Akreditasi
          brosur IKL