LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KELAUTAN DAN PERIKANAN 2017

Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2017, dan dalam rangkaian MAFFEST 2017 tersebut, diadakan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017 dengan tema “Strategi Optimalisasi Daya Guna Sumberdaya Kelautan Perikanan Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045” dan dua sub-tema yaitu Sosial Ekonomi serta Sains dan Teknologi. Dimana kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017 ini dilaksanakan di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Lt. III Universitas Udayana pada 1 Oktober 2017 dan diikuti oleh peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bali. Dilaksanakannya kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017 tersebut merupakan bagian dari program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2017. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017 dimaksudkan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan peserta serta dapat menyalurkan ide-ide melalui bentuk karya tulis ilmiah dalam bidang kelautan dan perikanan, menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang kreatif, inovatif, dan solutif di bidang kelautan dan perikanan yang bersaing dalam lomba yang kompetitif, meningkatkan pengetahuan serta wawasan peserta tentang pentingnya potensi di bidang kelautan dan perikanan, serta meningkatkan wawasan peserta tentang strategi optimalisasi dana guna sumberdaya kelautan dan perikanan.


    Pelaksanaan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 20177 dibuka di pada tanggal 1 Oktober 2017 yang diikuti oleh peserta sebanyak 10 tim finalis  yang beranggotakan 2 sampai 3 siswa/i SMA Se-Bali. Dalam upacara pembukaannya Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017 dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dikarenakan baik itu Rektor Universitas Udayana atau yang mewakili berhalangan hadir. Saat pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, laporan ketua panitia, sambutan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, sambutan Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang sekaligus membuka kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017. Kemudian dilakukan pembacaan peraturan presentasi, dan pembacaan cv juri. Juri-juri tersebut ialah Dr.Eng. I Dewa Nyoman Nurweda Putra, S.Si.,M.Si. , Dr.Sc.Widiastuti, S.Kel.,M.Si , dan Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si.


    Saat presentasi berlangsung untuk nomer urut 1 sampai 6, diadakan pula bedah kampus untuk peserta no urut 7 sampai 10, dengan bedah kampus mengenai 5 lab yang ada di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yaitu, Laborotorium Manajemen Sumberdaya Perairan, Laboratorium Ilmu Kelautan, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Remote Sensing, dan Laboratorium Alat Selam. Peserta yang lolos masuk ke 10 finalis dan mempresentasikan hasil karyanya ialah, SMAN 1 Abiansemal sebanyak 2 tim, SMAN 1 Blahbatuh sebanyak 2 tim, SMA Jembatan Budaya sebanyak 1 tim, SMAN 1 Mengwi sebanyak 1 tim, SMA Dwijendra Denpasar sebanyak 1 tim, SMAK Harapan Denpasar sebanyak 1 tim, dan SMAN 1 Gianyar sebanyak 1 tim.


    Diakhir acara sembari menunggu pengumuman juara, terdapat hiburan dari beberapa mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berbakat. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara, Juara I diperoleh oleh SMAK Harapan Denpasar dengan total nilai 88,153; Juara II diperoleh oleh SMAN 1 Kuta Selatan dengan total nilai 87,973; Juara III diperoleh oleh SMAN 1 Abiansemal dengan total nilai 87,253; dan Best Poster diperoleh oleh SMAN 1 Abiansemal dengan total nilai 267,8. Dengan pengumuman juara tersebut berarti berakhir juga kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2017. Dan pengambilan Piala Bergilir Rektor untuk Juara I akan dilaksanakan saat Malam Puncak MAFFEST 2017.