Acara Ngeruwak dan Peletakan Batu Pertama, Fakultas Keluatan dan Perikanan Akan Segera Memiliki Gedung Baru Untuk Menunjang Proses Akademik

Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana akan segera memiliki gedung baru. Acara ‘Ngeruwak’ dan peletakan batu pertama dilaksanakan pada Hari Jumat, 13 Mei 2022 di lahan yang berlokasi berdekatan dengan gedung AU FKP Unud. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU, jajaran Dekanat, dosen, dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan FKP UNUD, serta mitra yang akan menjadi pelaksana pembangunan gedung baru tersebut, PT Karya Mandiri Teknik Sentosa Bali.


Acara diawali dengan melaksanakan upacara ‘Ngeruwak” dan persembahyangan bersama di lahan yang akan dibangun gedung baru. Sesuai dengan kepercayaan Umat Hindu di Bali sebelum didirikannya sebuah bangunan atau dilaksanakannya sebuah pembangunan maka harus diadakan upacara/upakara Pangruwak atau Ngeruwak Bhuwana sebagai wujud permohonan kehadapan para Bhuta Kala agar mereka tidak mengganggu dan pembangunan dapat dilancarkan. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU mengaku sangat senang dengan dimulainya pembangunan gedung baru tersebut. “FKP adalah salah satu fakultas yang memiliki perkembangan cukup pesat, walaupun tergolong fakultas yang masih muda di lingkungan Universitas Udayana. Dengan dimulainya pembangunan gedung baru ini, diharapkan dapat menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, serta mampu memfasilitasi aktivitas akademik yang dilaksanakan di Fakultas Kelautan dan Perikanan nantinya” sambung Rektor Universitas Udayana tersebut.



Selain dimaksudkan untuk menambah fasilitas penunjang kegiatan akademik, gedung yang rencananya akan dibuat menjadi 4 lantai tersebut, akan difungsikan beberapa untuk dapat menjadi ruang kelas. Hal tersebut sangat berkaitan dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud yang akan membuat program studi baru, yaitu Akuakultur dan Magister Ilmu Kelautan. Dekan FKP Unud, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si dalam sambutannya berharap dengan pembangunan gedung baru yang direncanakan rampung dalam 5 bulan tersebut, akan mampu menambah minat calon mahasiswa baru, sehingga akan memiliki dampak yang positif kepada student body FKP. Acara diakhiri dengan peletakan batu pertama dan foto bersama sebagai simbolis dimulainya pembangunan gedung baru tersebut.