ACUATIC CARE (CLEAN AND REALESE) FOR AQUA TOURISM BALI KEMBALI

Kegiatan Aquatic Care merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMMASPERA) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana masa bakti 2021 khususnya dari Komisi Pengabdian Masyarakat.


Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu 30 Oktober 2021. Dimana, pada hari Sabtu Pagi diawali dengan persiapan panitia sekaligus Registrasi Peserta dari pukul 06.00-07.00 WITA. Lalu pada pukul 07.00-09.40 WITA beberapa panitia dan peserta berangkat menuju danau tamblingan. Pada 09.40-10-20 WITA merupakan pembukaan dari acara kegiatan Aquatic Care yaitu dengan menyanyikan “Lagu Indonesia Raya dan Hymne Udayana”, Doa, dilanjutkan dengan Laporan Ketua Pantia, Sambutan ketua HIMMASPERA, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pengelola Danau tamblingan, dan setelah itu di lanjut dengan sambutan dari Pembina Himmaspera sekaligus membuka acara. Pada pukul 10.20-11.10 WITA dilakukan kegiatan penebaran benih ikan dengan 2 jenis yaitu nila dan carper dengan total 4000 ekor yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali menggunakan 2 perahu kecil yang dilakukan oleh Pembina himmaspera, Perwakilan Dosen, Ketua Himmaspera, Perwakilan Ormawa, Ketua Panitia dan perwakilan peserta dari setiap angkatan.

Karena situasi dan kondisi yang ada, peserta yang tidak menaiki perahu untuk penebaran benih ikan diadan kegiatan games yang telah disediakan oleh sie acara yaitu Chemistry 1. Setelah peneberan benih ikan selesai di lanjut dengan kegiatan penanaman bibit pohon dengan 3 jenis bibit pohon yaitu Ampupu, Majegau dan Cempaka dengan total 50 batang pohon yang diberikan oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam. pada pukul 11.10-12.00 WITA.

Kemudian, pada pukul 13.15 WITA dengan acara sharing session.Kegiatan ini dipandu oleh mc yang di sediakan oleh panita, pada sharing session ini narasumber berasal dari pengelola Danau Tamblingan langsung. Sharing ini bertujuan untuk memberikan peserta berbagai pengalaman dan pengetahuan dari nelayan secara langsung.

Setelah sesi sharing session selesai pada pukul 13.15 WITA kegiatan di lanjut dengan games lagi. Pada sesi ini di laksanakan 3 jenis games yang di ikuti oleh peserta, beberapa perwakilan ormawa dan beberapa panita hingga pukul 14.45 WITA. Pada pukul 14.45-15.05 WITA Peserta diberikan waktu untuk membersihkan dirinya masing-masing (MCK). Kemudian pada pukul 15.05-15.15 WITA dilakukan penutupan disertai dengan pembagian sertifikat kepada peserta. Kegiatan ini ditutup dengan foto Bersama.