Berita Acara Ocean Scientific Essay Competition 2020

Ocean Scientific Essay Competition 2020 dengan tema  “Beyond The Sea”, merupakan salah satu dari beberapa program kerja yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengembangkan minat untuk mempelajari hal-hal yang berada di laut serta mengembangkan ide-ide briliant yang tentunya akan bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang. Menyambung hal tersebut kami pun mengembangkan beberapa ide-ide yang dituangkan pada sub tema yaitu Seagrass as a Climate Change Warrior, Komersiliasi Ikan Langka di Laut Dalam, Optimalisasi Wisata Bahari ditengan Pandemi, Eksistensi Spesies Invasif di Perairan Indonesia, Peran RZWP3K Terhadap Aktivitas Wisata Bahari, Kontradiksi Adat Istiadat Daerah dengan Pengembangan Wisata Bahari, Teknologi dalam Industri Perikanan Indonesia, Marine Debris due to Pandemic Era, Implementing Preventive Action of Ocean Acidification, dan Regulasi Keselamatan Kerja Anak Buah Kapal (ABK) di Indonesia. Ide-ide yang dikembangkan ini diharapkan akan membantu dalam mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini di sektor kelautan dan perikanan. Kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020 dilaksanakan di Ruang Kerapu 7 dan 8 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana pada 06 Desember 2020 dan diikuti oleh peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) dan Mahasiswa Universitas Se-Bali. Kegiatan Ocean Scientific Esay Competition 2020 dimaksudkan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan peserta serta dapat menyalurkan ide-ide melalui suatu esai ilmiah yang kreatif, inovatif, dan solutif di bidang kelautan dan perikanan yang bersaing dalam lomba yang kompetitif. Serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta tentang pentingnya potensi di bidang kelautan dan perikanan.

Pada acara pembukaan kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020 dibuka secara resmi oleh Prof.Dr.Ir.I Wayan Arthana,M.S selaku Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Pada pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Udayana, doa, laporan ketua panitia oleh Angel Sonya Theresia, sambutan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana oleh I gede Agus Novanda, sambutan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana oleh Prof.Dr.Ir.I Wayan Arthana,M.S yang sekaligus membuka kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan CV juri dan pembacaan ketentuan kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020. Juri dalam kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020 adalah Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si ; Ida Bagus Mandhara Brasika, S.Si., M.Sc ; I Ketut Wija Negara, S.Si., M.Sc
Acara dilanjutkan dengan persiapan presentasi untuk peserta nomor urut 1 hingga 5, dan pemutaran video pengenalan kampus Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Peserta yang lolos masuk dalam 10 besar yang akan mempresentasikan hasil karyanya secara online melalui room WEBEX adalah dari SMA Negeri 1 Denpasar sebanyak 1 siswa, SMA Negeri 3 Denpasar sebanyak 1 siswa, SMA Negeri 1 Kuta Selatan sebanyak 1 siswa, SMA Negeri 4 Denpasar sebanyak 2 siswa, SMA Negeri 1 Kuta Selatan sebanyak 3 siswa, Taman Rama Intercultural School sebanyak 1 siswa, Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana sebanyak 1 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 1 mahasiswa, dan dari Teknik Elektronika Kapal Perang/Akademi Angkatan Laut sebanyak 1 taruni. Setelah 5 nomor urut pertama telah selesai melakukan presentasi, kemudian dilanjutkan dengan istirahat, sholat . Setelah istirahat, kemudian dilanjutkan dengan presentasi peserta dengan nomor urut 6 sampai 10 melakukan presentasi secara. Saat 10 Finalis telah selesai presentasi, kemudia dilanjutkan dengan sesi Ramah Tamah. Pada sesi Ramah Tamah ini, panitia menyiapkan game berupa pertanyaan yang dijawab peserta melalui aplikasi Instagram. Setelah sesi Ramah Tamah berakhir, kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman Juara Ocean Scientific Essay Competition 2020. Juara I diperoleh oleh Ni Ketut Nik Puji Mayangtari dari SMAN 1 Kuta Selatan dengan total nilai 262,52 ; Juara II diperoleh oleh Komang Gede Guna Pujastaman dari SMAN 1 Kuta Selatan dengan total nilai 257,88 ; Juara III diperoleh oleh Putu Mirah Wahyu Subagia Putri dari SMAN 3 Denpasar dengan total nilai 250,48. Dengan Pengumuman juara tersebut berakhir juga kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2020. Dan sertifikat peserta maupun juara akan dibagikan secara online. Acara ditutup dan diakhiri dengan pemberian sertifikat secara langsung kepada juri.