BERITA KEGIATAN PENGABDIAN SOSIAL FKP 2017

Kegiatan Pengabdian Sosial merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian dan sekaligus membuka acara Marine and Fisheries Festival ( MAFFEST ) 2017 yang kegiatannya melakukan pelepasan tukik dan bersih-bersih disekitaran pesisir pantai serta pemberian penghargaan atau apresiasi FKP terhadap komunitas pecinta biota langka. Kegiatan Pengabdian Sosial pada tahun 2017 mengambil tema “ Aksi Bersama Untuk Mewujudkan Lingkungan Pesisir Yang Asri Dengan Langkah Konservasi ” yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 2017 bertempat di Pantai Kuta, Kuta Selatan, Badung. Kegiatan ini diikuti oleh 125 peserta yang terdiri dari 50 mahasiswa/i Program Studi Ilmu Kelautan, 73 mahasiswa/i Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan, serta 2 orang perwakilan dari BEM PM Universitas Udayana. Selain itu, kegiatan pengabdian sosial ini juga dihadiri oleh 19 orang undangan, yaitu : Bapak Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, 3 orang perwakilan dari Bendesa Kuta, 1 orang perwakilan dari Bali Sea Turtle Society, 1 orang perwakilan dari komunitas Earth Hour Denpasar, 4 orang perwakilan dari komunitas Sobat Bumi Bali, 4 orang perwakilan dari Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan, 2 orang perwakilan dari Marine Buddies Denpasar, serta 4 undangan mahasiswa/i yang berada di lingkungan Universitas Udayana.


Dalam Kegiatan Pengabdian Sosial Fakultas Kelautan dan Perikanan 2017 ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan III yang sekaligus membuka acara kegiatan Pengabdian Sosial secara resmi. Pada kesempatan tersebut hadir pula Bendesa Kuta, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Kelautan dan Perikanan, Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kelautan dan Perikanan, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana, Perwakilan dari Bali Sea Turtle Society, Earth Hour Denpasar, Sobat Bumi Bali, Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan, Marine Buddies Denpasar, serta perwakilan mahasiswa/i masing-masing prodi/angkatan.


Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WITA dengan registrasi peserta dan dilanjutkan dengan beach clean up seluruh peserta dan panitia selama 45 menit. Setelah beach clean up selesai dan sampah sudah dikumpulkan peserta mendapat sedikit penjelasan yang spontan dari Bali Sea Turtle Society mengenai tukik-tukik yang akan dilepaskan dan bagaimana cara pelepasannya, kemudian pembagian konsumsi dibagikan oleh panitia. Pada pukul 07.50 WITA untuk mengisi waktu yang kosong serta menunggu persiapan pembukaan secara resmi Marine and Fisheries Festival ( MAFFEST ) 2017 diisi dengan senam bersama. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh MC. Selanjutnya pada pukul 09.00 WITA acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia oleh Saudara I Made Abdi Jana Guna, Sambutan Ketua Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2017 oleh Saudara I Putu Oka Saduarsa, Sambutan Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan oleh Saudara Muhammad Rivaldy Setyawan, Sambutan dari Bendesa Adat Kuta oleh Bapak I Wayan Swarsa dan Sambutan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Bapak I Gede Hendrawan yang sekaligus membuka kegiatan Pengabdian Sosial 2017 dan Marine and Fisheries Festival ( MAFFEST ) 2017 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana di Pantai Kuta, Kuta Selatan, Badung secara resmi dengan pelepasan tukik secara simbolis oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan didampingi oleh Ketua Panitia Pengabdian Sosial, Ketua MAFFEST, Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan di Pantai Kuta dan diikuti oleh seluruh peserta Pengabdian Sosial. Pukul 10.10 WITA acara dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada komunitas dan dilanjutkan dengan Hand Stamp sampai pukul 10.50 WITA. Tepat pukul 11.00 WITA acara ditutup oleh MC.