JALIN KERJASAMA DENGAN PUKYONG NATIONAL UNIVERSITY, KOREA SELATAN, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS UDAYANA SELENGGARAKAN “INTERNATIONAL CONFERENCE OF ENVRONMENTAL MARINE SCIENCE AND TECHNOLOGY”


Menindaklanjuti kerjasama international antara Universitas Udayana dan Pukyong National University (PKNU), South Korea, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Universitas Udayana bekerjasama dengan Environmental and Marine Science and Technology College, selenggarakan seminar international bidang kelautan dan teknologi. Acara yang diselenggerakan di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, pada hari Selasa, 30 Januari 2018 yangdihadiri 29 Professor dari Pukyong National University dan sekitar 130 peserta dari Universitas Udayana baik dosen maupun mahasiswa. Penyelenggaraan acara ini dilaksanakan sekitar 4 jam dengan rentetan acara yang padat, dimulai pada pukul 14.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA.
 
Acara seminar diawali dengan sambutan dari perwakilan kedua pihak. Dekan FKP Unud: Prof. I Wayan Arthana menyampaikan bahwa seminar international ini merupakan hasil komunikasi dengan pihak PKNU yang diinisiasi sejak bulan Maret tahun 2017. Prof. Arthana juga menambahkan bahwa kedatangan 29 Professor PKNU ke Unud tidak hanya untuk seminar, namun melakukan kegiatan penjaringan calon mahasiswa S2/S3 yang akan diberikan beasiswa untuk studi lanjut di PKNU. Dekan Environmental and Marine Science and Technology College, Prof. Minhee Lee dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini merupakan awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan kerjasama lain pada waktu yang akan datang. Acara seminar ini dibuka oleh Rektor Universitas Udayana, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, yang dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya acara yang sangat penting ini. Beliau menegaskan bahwa kerjasama international merupakan salah satu pilar Unud untuk go international.
 
Pada sesi inti seminar, kegiatan ini dimoderasi oleh Prof. Dr. Ir. I Made Sudiana Mahendra, M.App.Sc. dibagi menjadi dua sesi, dengan empat pembicara dari Unud yaitu Prof.Dr.Ir.I Wayan Arthana,M.S , Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si., I Gede Hendrawan,S.Si.,M.Si.,Ph.D , dan Pande Gde Sasmita Julyantoro , serta tiga pembicara dari PKNU, Korea Selatan yaitu Prof. Minhee Lee, Prof. Tae-Sub Gang, dan Prof. Yong-Uk Ryu Setelah sesi seminar, rangkaian acara dilanjutkan dengan interview calon mahasiswa S2 dan S3 yang akan meneruskan studi di PKNU Korea. Delapan alumni FKP mengikuti interview yang akan mengisi lima posisi S2/S3 pada tiga department di PKNU, Korea.