KEGIATAN LAB COURSE IN MARINE BIOLOGY 2019

Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Universitas Udayana dan Kwansei Gakuin University (KGU) Japan menggagas kerjasama pendidikan sejak Tahun 2015. Bulan Oktober 2018 lalu perwakilan dari Fakultas Kelautan dan Perikanan yang terdiri dari 4 mahasiswa dan 1 dosen melakukan pertukaran pelajar ke Jepang.


Kerjasama ini dilanjutkan dengan kunjungan Kwansei Gakuin University ke Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana untuk mengikuti program “Lab Course in Marine Biology” selama 7 hari (11-17 Maret 2019). Kegiatan ini diikuti oleh 13 mahasiswa dan didampingi oleh 2 orang Professor dari KGU, Jepang. Program pertukaran pelajar ini juga diikuti oleh 12 mahasiswa FKP dan didampingin oleh Dosen FKP, Udayana.


    Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan “Bapak Profesor I Wayan Nuarsa. Rangkaian kegiatan Lab Course in Marine Biology dilakukan dengan kegiatan praktikum di laboratorium serta praktikum lapangan yang meliputi Artificial Breeding of Sea Urchin, Sea Grass Ecosystem Survey and Identification, Mangrove Fruits Processing, Fishes Restocking, dan Microplastic Survey.


Kegiatan praktikum lapangan dilakukan dibeberapa wilayah perairan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati Pulau Bali seperti Pulau Nusa Lembongan, Pantai Kuta, dan Tukad Bindu, Selain itu, mahasiswa juga melakukan penanaman mangrove sebagai salah satu kontribusi terhadap lingkungan serta melakukan kunjungan lapangan untuk pengamatan water waste treatment di Lagoon Nusa Dua.


Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan kuliah tamu yang bertujuan untuk sharing ilmu pengetahuan oleh KGU dan FKP, Udayana. Narasumber kuliah tamu tersebut yaitu Profesor Yusuke Matsuda tentang diatom di laut dan Dr. Gede Hendrawan tentang mikroplastik.


Kegiatan kuliah tamu dibuka langsung oleh Dekan FKP, Udayana “Bapak Profesor I Wayan Arthana. Selain melakukan pertukaran pengetahuan, kegiatan ini juga dapat memberikan pertukaran budaya melalui penampilan seni dan budaya berupa tarian, musik dan permainan tradisional pada acara penutupan.


Mahasiwa juga mengunjungi beberapa situs wisata dan budaya di Bali seperti Panglipuran, Kintamani dan Ubud. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan ikatan kerjasama yang lebih erat dan lebih luas antara Universitas Udayana dan Kwansei Gakuin University, Jepang.