Kegiatan Study Club Mangrove 2019

Study Club Mangrove 2019 merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bentuk kegiatannya yaitu konservasi mangrove sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pengenalan bidang kelautan yang dituangkan melalui kegiatan bakti sosial dan kampanye ataupun pengenalan langsung dilingkungan sekitar khususnya mengenai ekosistem mangrove.


Tahun ini Study Club Mangrove mengusung tema Selangkah menanam Mangrove untuk masa depan kita. Makna dari tema tersebut yaitu sebagaimana kita mengetahui bahwa pohon mangrove dapat memberikan perlindungan dan kehidupan baik bagi manusia dan biota laut dimana biota laut tersebut sendiri nantinya dapat dimanfaatkan untuk masa yang akan datang.


Study Club Mangrove dilaksanakan 2 hari, yaitu pada tanggal 7 dan 8 September 2019 yang bertempat di Kampoeng Kepiting. Dalam acara Study Club Mangrove 2019 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dibantu oleh Kelompok Nelayan Wanasari. Kegiatan hari pertama dimulai pukul 07.30 WITA, yang dihadiri oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Himpunan Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, perwakilan Himpunan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan Badan Semi Otonom Baruna Scientific Diving Club (BASIC) Udayana, perwakilan Kelompok Nelayan Wanasari dan Mahasiswa Baru Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan hari pertama diikuti sebanyak 60 peserta.


Terdapat rangkaian acara hari pertama, yaitu Pembukaan, Materi Pembibitan oleh Pak Agus Diana dari Kelompok Nelayan Wanasari, Pembibitan Mangrove yang diarahkan oleh panitia dan kegiatan hari pertama ditutup dengan Touring Mangrove di area Kampoeng Kepiting.


Kegiatan hari kedua dimulai pukul 08.00 WITA, yang diawali dengan pengenalan dan demonstrasi inovasi berupa olahan mangrove yaitu rempeyek mangrove, dilanjutkan dengan pemberian kuis kepada peserta mengenai mangrove maupun materi yang sudah dikenalkan dan diberikan pada saat hari pertama kegiatan yang dihadiri oleh peri mangrove 2018 untuk menyematkan gelar kepada peri mangrove 2019.


Acara puncak dari Study Club Mangrove 2019 adalah penanaman mangrove jenis Rhizophora mucronata sebanyak 100 bibit, yang berlokasi di Areal Bundaran Ngurah Rai di sebelah Selatan. Study Club Mangrove 2019 ditutup dengan sesi foto bersama antara peserta dan seluruh panitia Study Club Mangrove 2019. Study Club Mangrove HIMASILA FKP UNUD 2019 meningkatkan tali persaudaraan antara sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, karena jika kita bisa menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita.


    Study Club Mangrove HIMASILA FKP UNUD 2019 tidak hanya berhenti sampai disini, setiap dua minggu sekali akan melaksanakan monitoring. Dalam monitoring tersebut mangrove akan dibersihkan dan dipantau pertumbuhannya, sehingga dapat diketahui apakah mangrove yang ditanam mengalami perkembangaan yang signifikan. Setelah itu, data yang didapat akan dibuat sebuah kajian ilmiah tertulis.