LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KELAUTAN DAN PERIKANAN 2018

Dalam meperingati hari ulang tahun Fakultas Kelautan dan Perikanan yang ke-7 Badan Eksekutif Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2018, dan salah satu dari rangkaian acara MAFFEST 2018 adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 dengan tema “Inovasi Generasi Muda Dalam Mengembangkan Sektor Perikanan Indonesia Yang Berkelanjutan” dengan tiga sub-tema yaitu Lingkungan dan Energi, Sains dan Teknologi dan Pendidikan dan Sosial Ekonomi. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 dilaksanakan di di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Lt. III Universitas Udayana pada 7 Oktober 2018 dan diikuti oleh peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bali. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 merupakan salah satu dari beberapa program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2018. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 dimaksudkan untuk menyalurkan gagasan dan inovasi yang dimiliki generasi muda untuk mengembangkan sektor perikanan di Indonesia dan dapat mengembangkan gagasan – gagasan atau inovasi yang kreatif dan juga mampu mengatasi permasalahan dalam sektor perikanan Indonesia dalam bentuk karya tulis ilmiah serta menumbuhkan rasa kompetitif dalam diri siswa itu sendiri melalui lomba karya tulis ilmiah dan menambah wawasan dalam bidang ilmu kelautan dan perikanan.


Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2018 yang di ikuti oleh 10 tim finalis yang beranggotakan 2 sampai 3 siswa/i SMA Se-Bali. Pada acara pembukaan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018 dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dikarenakan baik itu Rektor Universitas Udayana atau yang mewakili berhalangan hadir. Pada pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, laporan ketua panitia, sambutan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, sambutan Wakil Dekan I Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang sekaligus membuka kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan CV juri dan pembacaan ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018. Juri tersebut adalah Dr.Sc.Widiastuti, S.Kel.,M.Si , Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si dan Ni Made Ernawati, S.Kel., M.Si.


    Acara dilanjutkan dengan persiapan presentasi untuk peserta nomor urut 1 dan pengarahan peserta nomor urut 7 sampai 10 untuk melakukan bedah kampus, jadi pada saat presentasi peserta nomor urut 1 sampai 6 dilakukan pula acara bedah kampus untuk peserta nomor urut 7 sampai 10 mengenai 5 lab yang ada di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yaitu, Laborotorium Manajemen Sumberdaya Perairan, Laboratorium Ilmu Kelautan, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Remote Sensing, dan Laboratorium Alat Selam. Peserta yang lolos masuk dalam 10 finalis dan mempresentasikan hasil karyanya adalah SMAN 1 Denpasar sebanyak 1 tim, SMAN 1 Kuta Selatan sebanyak 2 tim, SMAN 1 Singaraja sebanyak 1 tim, SMAN 4 Denpasar sebanyak 3 tim, SMA CHIS Denpasar sebanyak 1 tim, SMA SLUA Saraswati 1 Denpasar sebanyak 1 tim, dan SMAK Harapan Denpasar sebanyak 1 tim.


    Pada saat akhir acara sembari menunggu pengumuman juara, terdapat hiburan dan ramah tamah oleh dari beberapa mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berbakat. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara, Juara I diperoleh oleh SMAN 1 Kuta Selatan dengan total nilai 87,59; Juara II diperoleh oleh SMAK Harapan Denpasar dengan total nilai 86,1; Juara III diperoleh oleh SMAN 1 Singaraja dengan total nilai 85,52; dan Best Poster diperoleh oleh SMAN 4 Denpasar dengan total nilai 340,0. Dengan pengumuman juara tersebut berarti berakhir juga kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2018. Dan pengambilan Piala Bergilir Rektor untuk Juara I akan dilaksanakan saat Malam Puncak MAFFEST 2018.