Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan 2019

Dalam meperingati hari ulang tahun Fakultas Kelautan dan Perikanan yang ke-8 Badan Eksekutif Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2019, dan salah satu dari rangkaian acara MAFFEST 2019 adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 dengan tema “Peranan Generasi Muda Dalam Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan Berbasis Industri 4.0” dengan tiga sub-tema yaitu Lingkungan dan Energi, Teknologi, dan Sosial Ekonomi. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 dilaksanakan di di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Lt. III Universitas Udayana pada 13 Oktober 2019 dan diikuti oleh peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bali. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 merupakan salah satu dari beberapa program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2019. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 dimaksudkan untuk membuka wawasan generasi muda terhadap pengembangan dibidang kelautan dan perikanan melalui karya tulis yang kreatif, inovatif, dan solutif dalam mengimplementasikan revolusi industri 4.0 dalam sektor industri kelautan dan perikanan sehingga sektor ini dapat berkembang.



Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 yang di ikuti oleh 10 tim finalis SMA Se-Bali. Pada acara pembukaan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019 dibuka oleh Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, hal ini terjadi dikarenakan Rektor Universitas Udayana atau yang mewakili berhalangan hadir untuk membuka acara. Pada pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Udayana, doa, laporan ketua panitia, sambutan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, sambutan Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang sekaligus membuka kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan CV juri dan pembacaan ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019. Juri tersebut adalah Dr.Sc.Widiastuti, S.Kel.,M.Si , Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si dan Made Ayu Pratiwi, S.Pi., M.Si.


    Acara dilanjutkan dengan persiapan presentasi untuk peserta nomor urut 1 hingga 5 dan pengarahan peserta nomor urut 6 sampai 10 untuk melakukan bedah kampus mengenai 5 lab yang ada di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yaitu, Laborotorium Perikanan, Laboratorium Kelautan, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Remote Sensing, dan Laboratorium Alat Selam. Peserta yang lolos masuk dalam 10 finalis dan mempresentasikan hasil karyanya adalah SMA Negeri 2 Negara sebanyak 2 tim, SMA CHIS Denpasar sebanyak 1 tim, SMA Negeri 3 Denpasar sebanyak 1 tim, SMA Negeri 1 Kuta Selatan sebanyak 1 tim, SMA Negeri 4 Denpasar sebanyak 2 tim, SMA Negeri 1 Sukawati sebanyak 1 tim, SMA Negeri 2 Kuta sebanyak 1 tim, SMA Dwijendra Denpasar sebanyak 1 tim,


    Pada saat akhir acara sembari menunggu pengumuman juara, terdapat hiburan dan ramah tamah oleh dari beberapa mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berbakat. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara, Juara I diperoleh oleh SMA Negeri 3 Denpasar dengan total nilai 84,76; Juara II diperoleh oleh SMA Negeri 1 Kuta Selatan dengan total nilai 83,2; Juara III diperoleh oleh SMA CHIS Denpasar dengan total nilai 80,2; dan Best Poster diperoleh oleh SMA CHIS Denpasar dengan total nilai 207,2. Dengan pengumuman juara tersebut berarti berakhir juga kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan dan Perikanan (LKTIKP) 2019. Dan pengambilan Piala Bergilir Rektor untuk Juara I akan dilaksanakan saat Malam Puncak MAFFEST 2019.