MARINE CARE 2018

Marine care 2018 atau peduli laut merupakan kegiatan yang diadakan untuk mahasiswa dan masyarakat khusunya kaum remaja sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pengenalan bidang kelautan yang dituangkan melalui pementasan interaktif dan mural ataupun pengenalan langsung dilingkungan sekitar mengenai bidang kelautan.


Kegiatan ini berlangsung selama 5 jam, pada saat masyarakat sedang melakukan car free day di Taman Kota Ciung Wanara Gianyar. Peserta kegiatan ini adalah siswa – siswi SMA N 1 Gianyar. Pada acara ini mereka melakukan pementasan interaktif yang bertemakan “Sampah Plastik”. Tema marine care kali ini diangkat melihat kondisi masyarakat yang kurang memiliki kepekaan dan kesadaran dalam menjaga lingkungan. Salah satu kasus yang hangat diperbincangkan adalah penggunaan plastik yang ada di kalangan masyarakat.


Seperti yang kita ketahui plastik merupakan salah satu sampah yang sulit untuk diuraikan dan berbahaya bagi lingkungan yang tercemar. Maka dari itu untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan masyarakat diadakanlah marine care yang bertemakan sampah plastik. Diharapkannya dengan diadakannya marine care ini mampu mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan khusunya dalam bidang kelautan. Acara marine care tahun ini dihadiri oleh koordinator program studi ilmu kelautan yang menyematkan hadir untuk memeriahkan acara ini.


Acara ini diawali dengan oleh pembukaan MC dan dilanjutkan dengan pementasan interaktif oleh SMA N 1 Gianyar.Setelah berakhirnya pementasan dilakukan pembentukan lingkaran untuk meneriakkan jargon marine care 2018 yang diikuti oleh seluruh peserta, undangan, masyarakat dan panitia. Adapun sistem yang digunakan yaitu setelah dibentuknya lingkaran keempat Inti marine care berada ditengah-tengah lingkaran kemudian setelah diberi aba-aba maka bersama-sama meneriakkan jargon marine care 2018. Acara terakhir dilanjutkan oleh penampilan dari pengisi acara berupa hiburan nyanyian. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama.