NEPTUNE’S CAMP 2019

Neptune’s Camp merupakan kegiatan yang diadakan bagi seluruh mahasiswa/i baru yang menempuh pendidikan pada program studi Ilmu Kelautan. Seperti yang kita ketahui bahwa mahasiswa/i baru masih belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai dunia perkuliahan yang penuh tantangan. Didalam kegiatan ini mahasiswa/i baru akan diperkenalkan mengenai program studi Ilmu Kelautan secara lebih dekat. Acara Neptune’s Camp 2019 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana mengangkat tema Membentuk Insan Muda Kelautan Yang Berwawasan, Berkarakter Dan Berjiwa Maritim melalui pemberian materi, games dan kegiatan-kegiatan yang mengasah mental, kedisiplinan, kekompakan dan soft skill para mahasiswa baru.


Neptune’s Camp 2019 melibatkan seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, para alumni serta dosen di lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan. Acara Neptune’s Camp 2019 berlangsung selama kurang lebih selama satu bulan dimulai dari tanggal 24 Agustus 2019 sampai dengan 21 September 2019 yang bertempat dilingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan, yang terbagi menjadi 4 rangkaian kegiatan.


Rangkaian kegiatan acara Neptune’s Camp 2019 yang pertama yaitu acara pembukaan yang dimulai pada tanggal 24 Agustus 2019 bertempat di Lobby Depan Fakultas Kelautan dan Perikanan. Pembukaan dihadiri oleh ketua atau wakil lembaga yang ada dilingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan dan dibuka secara resmi oleh Pembina HIMASILA FKP UNUD, Bapak I Nyoman Giri Putra, S.Pd. M.Si. Acara pembukaan diisi dengan pengenalan mentor & buku point, pengenalan program studi Ilmu Kelautan dan lembaga yang ada pada lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan. Acara pembukaan diakhiri dengan ramah tamah dengan panitia dan doa bersama.


Rangkaian kedua dari acara Neptune’s Camp 2019 yaitu pemberian materi mengenai Marine Knowledge dan Marine Character. Penyampaian materi mengenai Marine Knowledge diberikan oleh Janis Khansa Putri Argeswara dengan membahas topik mengenai isu permasalahan laut sebagai tempat pembuangan akhir sampah. Tidak itu saja, untuk menguji pemahanan peserta tentang topik materi yang diberikan, peserta juga melakukan Focus Grup Discussion yang dipandu oleh Felipa Kissa selaku moderator. Setelah melakukan Focus Grup Discussion kurang lebih selama 40 menit, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Marine Character oleh Pande Komang Egar Prihandana dan Cikal Bhumiwicana Qalnar. Acara pemberian materi pada rangkaian kedua Neptune’s Camp 2019 diakhiri dengan foto bersama dengan masing-masing pembicara.


Rangkaian ketiga dari Neptune’s Camp 2019 juga diisi dengan pemberian materi mengenai Organisasi dan Persidangan. Pemberian materi Organisasi diberikan oleh Kadek Ayun Wardimas selaku Ketua HIMASILA FKP UNUD periode 2016/2017 dan Felipa Kissa selaku Dewan Pertimbangan HIMASILA FKP UNUD periode 2017/2018 serta perwakilan HIMITEKINDO. Dalam pemberian materi Organisasi, peserta dikenalkan lebih dekat dengan apa itu HIMASILA dan HIMITEKINDO. Materi persidangan diberikan oleh tiga pembicara yaitu Yuda Kamajaya, Trisna Bhuana Putra dan Rivaldy Setiawan yang sekaligus berperan menjadi presidium. Dalam materi persidangan ini juga langsung diadakan simulasi sidang dengan agenda pemilihan Kordinator Tingkat dan pemilihan nama serta logo angkatan. Rangkaian ketiga dari Neptune’s Camp 2019 ini ditutup dengan pengarahan acara penutupan oleh panitia dan doa bersama.


Rangkaian akhir dari Neptune’s Camp 2019 adalah acara penutupan yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019 yang bertempat di Lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan. Acara dimulai dengan kegiatan pengenalan lingkungan kampus, peserta diarahkan untuk menemukan 6 pos dengan petunjuk/arah jalan yang harus mereka pecahkan sendiri. Didalam setiap pos akan ada games-games yang mengasah kedisiplinan, rasa tanggungjawab, kekompakan serta akan membuat peserta lebih mengenal teman-teman satu angkatan mereka. Selain itu juga ada pos Rewind yang pada pos ini peserta akan diingatkan kembali mengenai materi-materi yang sudah disampaikan pada rangkaian kedua dan ketiga acara Neptune’s Camp 2019. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Reward dan Laporan Ketua Panitia. Acara Neptune’s Camp 2019 ditutup secara resmi oleh Ketua HIMASILA FKP UNUD, Cikal Bhumiwicana Qalnar mewakili Pembina HIMASILA FKP UNUD. Peserta yang dinyatakan lolos dalam acara kaderisasi Neptune’s Camp 2019 ditandai dengan penyematan slayer oleh masing-masing mentor kelompok.