PENGABDIAN SOSIAL TAHUN 2018

Kegiatan Pengabdian Sosial 2018 merupakan kegiatan Pengabdian oleh mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan, yang merupakan salah satu agenda dari Program Kerja BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini terdiri dari 3 acara utama, yaitu Beach Clean Up, Penyuluhan mengenai bahayanya sampah bagi kehidupan, dan Pengolahan Sampah, selain itu terdapat acara pembagian doorprize dan games. Pada setiap acara utama diisi oleh 3 pembicara yang berbeda – beda dan dipandu oleh 2 orang MC.


    Kegiatan Pengabdian Sosial 2018 bertemakan “Bergerak Bersama Mewujudkan Lingkungan Pesisir yang Bersih dan Bebas Sampah Plastik” dilaksanakan di Pantai Kubur, Gianyar pada hari Minggu tanggal 23 September 2018. Pada pukul 06.00 pendaftaran peserta maupun undangan pada meja registrasi sudah mulai dibuka, undangan dan peserta masing – masing dibagikan konsumsi dan diarahkan oleh panitia yang bertugas menuju tempat duduk masing – masing peserta dan undangan. Pada pukul 07.15 acara dimulai dengan beberapa sambutan yang dibawakan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Setelah pembacaan doa dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Maffest 2018, Ni Putu Ayustin Krisnati Dewi, sekaligus membuka acara rangkaian Maffest 2018 dan dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa, Roni Adi Samba. Pada pukul 07.30 dilakukan pembukaan acara Pengabdian Sosial 2018 secara resmi oleh Wakil Dekan 3, Ibu Dra. Ni Luh Watiniasih. M.Sc., Ph.D.


    Pada pukul 07.45 dilakukan pembagian kelompok sebelum melaksanakan Beach Clean Up. Peserta dikelompokkan ke dalam 5 kelompok yang nantinya akan berpencar mengumpulkan sampah di 5 titik yang telah ditetapkan. Setelah pembagian kelompok telah selesai dilakukan, peserta melakukan bersih – bersih dan memungut sampah di area pesisir pantai. Kegiatan Beach Clean Up ini dipimpin dan diarahkan oleh komunitas PC KMHDI (Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia). Setelah peserta melakukan kegiatan Beach Clean Up, peserta kembali dikumpulkan dan diadakan pengundian doorprize. Setelah pengundian doorprize, peserta dan undangan diberi waktu untuk beristirahat.Sebelum masing – masing komunitas pergi meninggalkan lokasi, disampaikan kesan dan pesan mengenai kegiatan Pengabdian Sosial 2018 dari masing – masing komunitas. Dalam sesi ini, komunitas PC KMHDI dan komunitas Malu Dong menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap kegiatan Pengabdian Sosial 2018.


    Selanjutnya setelah sesi istirahat berakhir, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Marine Debris Guard yang disampaikan secara langsung oleh bapak I Gede Hendrawan,S.Si.,M.Si.,Ph.D akan bahayanya sampah bagi kehidupan organisme. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan Beach Clean Up, sebab hal tersebut dapat membantu mencegah masuk atau tersebarnya sampah plastik masuk ke dalam laut.  Selesai pemaparan materi oleh Pak Hendrawan, dilakukan kegiatan pengolahan sampah oleh peserta dengan pengarahan oleh panitia. Peserta menempelkan sampah – sampah yang dikumpulkan dari hasil Beach Clean Up pada papan triplek yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah acara pengolahan sampah selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan hadiah untuk peserta yang mengikuti acara pengolahan sampah dengan baik, lalu dilanjutkan dengan penutupan acara oleh MC.