PKKMB 2020 Fakultas Kelautan dan Perikanan diselenggarakan secara daring


FKP Unud menyelenggarakan PKKMB 2020 secara daring dengan tema "Membentuk mahasiswa yang berkarakter unggul mandiri & berbudaya dalam era adaptasi kebiasaan baru". Kegiatan PKKMB 2020 yang berlangsung selama 2 hari ( 10 dan 11 September 2020) ini diikuti oleh 154 orang peserta yang berasal dari 2 prodi yaitu 92 orang dari Prodi Ilmu Kelautan dan 62 orang dari Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan.
 
Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FKP Prof. Ir. I Wayan Arthana, MS., Ph.D yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan mahasiswa baru. Prof. Ir. I Wayan Arthana, MS., Ph.D menyampaikan kepada mahasiswa baru agar belajar dengan baik dan rajin mengikuti setiap kegiatan kampus yang dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik. Satu kutipan penutup yang menarik yaitu "Masuk sebagai Anak Ayam dan Keluar sebagai Burung Elang", diharapkan setelah lulus mahasiswa bisa terbang dan berkarya menjadi orang sukses dan terpandang.
 
Hari Pertama kegiatan PKKMB 2020 diisi dengan penyampaian materi oleh Dekan, WD1, WD2 dan WD3 seputar pengenalan kehidupan kampus. Ketua UPMF Ir. I Gusti Ngurah Putra Dirgayusa, MT. juga menambahkan tentang strategi mutu dan pembelajaran di FKP. Diharapkan mahasiswa nantinya dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik dan bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan tepat waktu. Selain itu, materi tentang toleransi dalam Kehidupan Kampus dan Anti Radikalisme juga disampaikan oleh Ida Bagus Mandhara Brasika, S.Si., M.Sc, salah satu dosen FKP. Hal ini bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik antar mahasiswa mengingat bahwa mahasiswa FKP berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Materi terakhir yang diberikan pada hari pertama adalah pengenalan I MISS U dan cara pengisian KRS online yang disampaikan oleh UPIKS.
 
Kegiatan PKKMB pada hari kedua diisi dengan pengenalan Prodi Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumberdaya Perairan yang disampaikan oleh masing-masing Koprodi. Selain penyampaian materi oleh para Dosen FKP, Alumni FKP juga ikut andil dalam memberikan materi dalam kegiatan PKKMB 2020. Ada 6 orang alumni yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan PKKMB 2020 ini. Komang Dianto, S.Pi. (WWF Indonesia), Desak Wira Triana Wulandari, S.Pi. (PT. Inspection Laboratory), dan  I Gede Merta Yoga Pratama, S.Kel. (Founder & CEO Fish Go) memberikan motivasi dan pengalaman tentang menghadapi dunia kerja baik bekerja di Pemerintahan ataupun Swasta. Strategi mendapatkan beasiswa setelah lulus kuliah S1 dan pengalaman selama kuliah juga disampaikan oleh alumni yaitu Ni Luh Ayu Gita Astriani, S.Pi. (Sakura Program FKP/ Kwansai Gakuin Japan), Putu Satya Pratama, S.Kel. (LPDP Awardee/ IPB University), dan Made Narayana Adibhusana, S.Kel., M.Eng. (Pukyong National University Korea Selatan). Sosialisasi tentang Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) juga menjadi salah satu topik dalam serangkaian kegiatan pada hari kedua. diharapkan mahasiswa sudah memiliki bayangan awal terkait apa yang perlu disiapkan untuk mengikuti PKM yang merupakan ajang bergengsi di kalangan mahasiswa Indonesia.