POSSIL (PESTA OLAHRAGA SENI SOSIAL ILMIAH) TAHUN 2019

Kegiatan POSSIL (Pesta Olahraga Seni Sosial Ilmiah) 2019 Fakultas Kelautan dan Perikanan merupakan salah satu agenda dari Progam Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini berbentuk pertandingan pada 5 cabang di bidang olahraga, 1 cabang perlombaan di bidang seni yaitu Jegeg Bagus, dan 1 cabang perlombaan di bidang sosial ilmiah yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah. Pertandingan yang diselenggarakan meliputi pertandingan futsal, pertandingan basket, pertandingan tenis meja, pertandingan catur, dan pertandingan bulu tangkis. Pada tiap-tiap pertandingan akan ditetapkan 3 juara yaitu juara 1, 2 dan 3. Rangkaian kegiatan ini dimulai dari tanggal 5 April-5 Mei 2019.


Kegiatan POSSIL 2019 ini bertemakan ”Larutkan Perbedaan, Reaksikan Persamaan, Hasilkan Persaudaraan” yang dilaksanakan di beberapa tempat yang berbeda, yaitu bertempat di Freedom Futsal untuk pembukaan dan pertandingan futsal.


Untuk pertandingan bulu tangkis dilaksanakan di Mumbul Arena, pertandingan Basket dilaksanakan di Lapangan Basket Politeknik Negeri Bali, pertandingan Catur dilaksanakan di Gedung HD AE 16 Universitas Udayana, pertandingan Tenis Meja dilaksanakan di Mumbul Arena. Di Ruang Bangsa Rektorat Universitas Udayana untuk perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan yang terakhir di Atrium Sidewalk Jimbaran untuk Puncak Acara Jegeg Bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan.


Di tanggal 5 April 2019 dilakukan pembukaan acara yang bertempat di Freedom Futsal pada pukul 16.30 WITA rangkaian acara ini dibuka dengan sebuah tendangan bola oleh Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa, bapak Gede Surya Indrawan, S.Si., M.Si. Pertandingan pertama dilakukan oleh seluruh team yang telah mendaftar.


Tercatat ada 13 team yang mengikuti pertandingan ini. Pertandingan yang kedua dilakukan pada tanggal 26 April 2019 tetap bertempat di Freedom Futsal. Di pertandingan ini akan diambil semi final dari team yang telah ada. Setelah perempat final tercatat ada 4 team yaitu Kraken A, Cooldown B, YaudahiyaIK5 B, dan Leviathan B yang akan merebutkan perebutan juara 1, 2 dan 3. Sebelum pertandingan final dan perebutan juara 3 dimulai, dipertandingkan antara All Stars Fakultas Kelautan dan Perikanan dengan Komunitas Futsal Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Setelah pertandingan persahabatan dilangsungkan pertandingan perebutan juara 3 antara Yaudahiya B melawan Cooldown B. Dengan hasil akhir dimenangkan oleh Cooldown B. Setelah pertandingan perebutan juara 3 dilangsungkan pertandingan final perebutan juara 1 yang mempertemukan antara Kraken A melawan LEVIATHAN B. Dengan hasil akhir dimenangkan oleh Leviathan B. Pada pertandingan futsal tahun ini gelar Top Score dimenangkan oleh I Gusti Agung Bayu Setiawan dari Ilmu Kelautan 2016, dan gelar Best Player dimenangkan oleh Muhammad Fakhri Ramadhani dari Ilmu Kelautan 2018.


Pertandingan selanjutnya adalah pertandingan Basket yang dilaksanakan di Lapangan Basket Politeknik Negeri Bali pada tanggal 8 April 2019 dimana seluruh team yang ada dipertemukan. Pada pertandingan Basket ini diikuti oleh 8 team. Di pertandingan basket selanjutnya yakni pada tanggal 15 April 2019 yang masih bertempat di Lapangan Basket Politeknik Negeri Bali dilakukan 4 pertandingan lagi, yaitu pertandingan antara Leviathan A dengan Bendega dan Leviathan B dengan Guntaimizu. Sebelum melanjutkan ke pertandingan Final antara Leviathan A dan Leviathan B dilakukan pertandingan All Star yang dilanjutkan dengan pertandingan Perebutan Juara 3 oleh Bendega melawan Guntaimizu yang akhirnya berhasil dimenangkan oleh Guntaimizu. Pada pertandingan final diperebutkan oleh dua team yaitu team Leviathan A dan team Leviathan B dimana juara 1 berhasil dimenangkan oleh Leviathan  B.


Pada tanggal 14 April 2019 dilanjutkan pertandingan Tenis Meja di Mumbul Arena. Pada pertandingan ini terdapat 4 team yang terdaftar, dimana masing-masing team terdiri dari tunggal putra, tunggal putri dan campuran. Empat team tersebut dari angkatan 2018 sampai angkatan 2017 baik progam studi Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumberdaya Perairan. Di pertandingan tenis meja kali ini berlangsung sangat seru karena antusias pemain yang sangat tinggi. Pada pertandingan tenis meja ini dilakukan selama setengah hari sampai selesai pertandingan finalnya. Adapun pertandingan final tenis meja kali ini adalah antara team Guntaimizu dari program studi Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017 melawan team Leviathan dari program studi Ilmu Kelautan angkatan 2017. Pemenang dari pertandingan final tenis meja kali ini adalah team Guntaimizu dengan memenangkan 2 set pertandingan dari 3 set pertandingan yang diadakan selama pertandingan.


Di tanggal 24 April 2019 dilaksanakan pertandingan catur yang bertempat di Gedung HD AE 16 Universitas Udayana. Di pertandingan catur ini menggunakan sistem poin, yang mana setiap pemain akan bermain sebanyak 6 kali untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin. Sistem permainannya menggunakan sistem swiss yang mana setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk bermain dengan lawannya. Siapapun yang waktunya habis duluan atau checkmate sebelum waktu habis maka akan terhitung kalah Pemilihan juara pada pertandingan catur ini berdasarkan jumlah poin yang terkumpul oleh setiap peserta. Dan yang berhasail mengumpulkan poin terbanyak yaitu Bendega dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2016 dan kemudian ada Nereus dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2018 dan Guntaimizu dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017.


Pada tanggal yang sama dilaksanakan juga Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertempat di Ruang Bangsa Rektorat Universitas Udayana. Lomba Karya Tulis Ilmiah. Ini merupakan ajang kompetisi untuk menciptakan suatu karya ilmiah yang bersifat objektif, sederhana, kreatif dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Dibuat dengan ide yang kreatif dan memiliki sebuah konsep yang baru (original) atau bisa juga berbentuk pengembangan dari ide yang telah dipublikasikan sebelumnya sebagai upaya dari penelitian lanjutan. Pada perlombaan ini setiap team diharuskan untuk mempresentasikan karya tulis yang telah dibuat. Dimana setiap karya tulis dibuat oleh masing-masing team dengan ketentuan satu team terdiri dari 1 sampai 3 orang. Dan yang jadi pemenang pada perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah POSSIL Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana adalah dari team Bendega dari program studi Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2016, juara 2 dari Guntaimizu A Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017, dan yang menjadi juara 3 adalah Guntaimizu B dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017.


Pada tanggal 28 April 2019 dilaksanakan pertandingan yang terakhir yaitu  pertandingan Bulu Tangkis yang dilaksanakan di Mumbul Arena. Pada pertandingan bulu tangkis terdapat 7 team dimana masing - masing team terdiri dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran. Dimana final masing – masing kategori dimenangkan oleh YaudahiyaIK5 (kategori Tunggal Putra), Guntaimizu (Kategori Tunggal Putri), Bendega (Kategori Ganda Putri), YaudahiyaIK5 (Kategori Ganda Putra), dan Guntaimizu (Kategori Ganda Campuran).


Adapun rangkaian acara terakhir dari POSSIL 2019 adalah ajang pemilihan Jegeg Bagus dimana ajang pemilihan Jegeg Bagus ini sekaligus sebagai penutup rangkaian POSSIL 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 2 – 5 Mei 2019 bertempat di Ruang Bangsa lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Udayana dan Atrium Sidewalk Jimbaran. Di tanggal 2 Mei 2019 dilaksanakan lomba esai sebagai salah satu kriteria penilaian calon jegeg dan bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan dalam bidang akademik yang dimana penilaiannya dilakukan oleh dosen sebagai juri dengan menggunakan sistem presentasi. Tercatat 4 pasang calon jegeg dan bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan, 1 pasang dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2018, 1 pasang dari Ilmu Kelautan angkatan 2018, 1 pasang dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017, dan 1 pasang dari Ilmu Kelautan angkatan 2017.

Pada tanggal 5 Mei 2019 merupakan grand final ajang pemilihan Jegeg Bagus yang mana pada acara ini bertempat di Atrium Sidewalk Jimbaran. Adapun yang dinilai pada ajang pemilihan ini penilaian yang dilakukan adalah pada bidang non akademik seperti bakat, minat, dan lain-lain yang termsuk ke dalam softskill. Yang menjadi juri untuk penilaian tersebut ada 3 orang yang pertama yaitu Ni Putu Nosita Dewi yang pernah menjadi Runner Up I Jegeg Tabanan 2018. Juri yang kedua yaitu I Putu Gede Bayu Ade Wianta, dan Juri yang ketiga yaitu Luh Putu Inggita Shanty P Suharta yang merupakan Putri Maritim pada tahun 2018. Pada acara puncak pemilihan Jegeg Bagus ini turut mengundang Jegeg Bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana pada tahun 2018 yang lalu untuk melakukan penyelempangan kepada pemenang pemilihan Jegeg Bagus Faksultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2019. Yang tepilih untuk menjadi Jegeg Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2019 ini adalah Ni Luh Komang Ayu Maitri Jayanthi dari Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2018 dan yang tepilih untuk menjadi Bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2019 ini adalah Gede Dicky Pradipta Wedayana dari Ilmu Kelautan angkatan 2018. Acara puncak pemilihan Jegeg Bagus ini juga menjadi acara pembagian hadiah setiap pemenang cabang olahraga dan perlombaan sekaligus menjadi penutup dan mengakhiri rangkaian acara POSSIL tahun 2019.