SEMINAR NASIONAL FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN 2018

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Fakultas Kelautan dan Perikanan yang ke-7. Badan Eksekutif Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2018, dimana salah satu rangkaian acara MAFFEST adalah Seminar Naional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2018 dengan tema “Mewujudkan Sinergitas Ekosistem dan Sumberdaya Manusia yang Berkelanjutan Melalui Konservasi Sumberdaya Laut”. Kegiatan Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2018 diselenggarakan di Gedung Institute For Peace and Democracy (IPD) Universitas Udayana pada tanggal 21 Oktober 2018. Pembicara dalam kegiatan Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan diambil dari berbagai stake holder yang terkait dengan pelestarian dan pemeliharaan ekosistem laut baik dari Pemerintah, Akademisi, Aktivis. Pembicara pertama yaitu Ir. I Made Gunaja, M.Si selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali yang memaparkan materi “Pengembangan dan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan di Provinsi Bali”. Pembicara kedua I Made Andi Arsana, Ph.D selaku akademisi dosen Universitas Gadjah Mada yang memaparkan “Kepemimpinan Indonesia di Bidang Kelautan dan Perikanan”. Pembicara ketiga yaitu Riyanni Djangkaru seorang aktivis yang juga merupakan Ex-Host Jejak Petualang dan Founder of Savesharks Indonesia dengan memaparkan materi dengan judul “Mencicipi Rasa Alam”.


    Kegiatan Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan dimulai dengan pembukaan pukul 08.25 yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan ini juga dihadiri oleh undangan dari Dosen Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumberdaya Perairan, BEM-PM Universitas Udayana, BPM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Gubernur dan Wakil Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua dan Wakil Ketua HIMASILA Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua dan Wakil Ketua HIMMASPERA Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, BASIC (Baruna Scientific Diving Club) Universitas Udayana, Ketua MAFFEST 2018, Bali Sea Turtle Society, Dinas Perikanan, Conservation International Indonesia, dan Turtle Conservation And Education Center. Peserta Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2018 berjumlah 148 peserta yang terdiri dari mahasiswa/mahasiswi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, mahasiswa/mahasiswi lingkungan Universitas Udayana, PSDKP (Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan), dan Turtle Conservation And Education Center.


Kegiatan Seminar Nasional diawali dengan pengumpulan dan persiapan panitia dari pukul 05.30 WITA, persiapan ini dilaksanakan selama 1 jam hingga pukul 06.30 WITA dan dilanjutkan dengan briefing panitia. Registrasi peserta dibuka mulai pukul 07.00 WITA. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh petugas. Selanjutnya yaitu  Laporan Ketua Panitia oleh Saudari Ni Putu Pradnya Megasari, Sambutan Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan oleh Saudara Roni Adi Samba, dan Sambutan Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Ibu Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D yang sekaligus membuka kegiatan Seminar Nasional 2018 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana di Gedung IPD Universitas Udayana secara resmi dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan didampingi oleh Ketua Panitia Seminar Nasional, Ketua MAFFEST, dan Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan di Gedung IPD Universitas Udayana. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV Moderator oleh MC yang dimana moderator pada Seminar Nasional 2018 ini yaitu Saudari Ratih Permitha Syury. Pukul 09.30 dilanjutkan dengan pembacaan CV pembicara pertama adalah Ir. I Made Gunaja, M.Si dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian serifikat dan foto bersama. Pukul 10.40 dibacakan CV  pembicara kedua adalah I Made Andi Arsana, Ph.D dari dosen Teknik Geodesi UGM, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian serifikat dan foto bersama.


Pukul 12.00 dilanjutkan dengan makan siang dan acara hiburan. Pukul 12.40 moderator kembali ke tempat dan membacakan CV pembicara ketiga adalah Riyanni Djangkaru, Ex-Host Jejak Petualang dan Founder of Savesharks Indonesia, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian serifikat dan foto bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan foto bersama dengan moderator. Pukul 13.55 acara dilanjutkan dengan pengumuman serta pembagian hadiah kepada penanya terbaik dan kontes foto terbaik sekaligus menjadi penutup pada acara Seminar Nasional 2018 ini.


Dengan adanya Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2018 diharapkan nantinya mampu mendapatkan penalaran lebih luas mengenai isu menyangkut konservasi dan mendapat infromasi pengalaman yang telah didapat oleh pembicara dalam hal pengelolaan, pemeliharaan dan pelestarian sumberdaya laut serta upaya meningkatkan sumberdaya manusia. Selain itu mengetahui kebijakan-kebijakan pemerintah dibidang konservasi terhadap isu-isu yang beredar.