SERTIFIKASI SELAM BATCH 5 BASIC UNIVERSITAS UDAYANA

Kegiatan Sertifikasi Selam merupakan salah satu program kerja Baruna Scientific Diving Club Udayana dalam bidang ilmiah. Kegiatan ini mengusung tema “Penyelam handal, berkemampuan dan bersertifikasi” yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 September 2019 di Perairan Tulamben, Karangsasem. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Sertifikasi Selam Batch 6 Basic Udayana 2019 adalah 13 peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Pada sertifikasi selam ini Bapak Kadek yang juga merupakan instrukur selam dari kegiatan ini.  Kegiatan di mulai dari tanggal 27 September 2019. Hari pertama peserta dan panitia sebelum berangkat berkumpul terlebih dahulu di Kampus Sudirman pukul 06.00 WITA. Peserta dan panitia berangkat pada pukul 07.00 WITA dan tiba di Tulamben Wreck Divers Villa pada pukul 11.00 WITA. Peserta diberikan waktu untuk bersiap – siap untuk melanjutkan briefing terlebih dahulu sebelum penyelaman I Open Water. Peserta berangkat pukul 14.30 WITA menuju tempat penyelaman I Open Water di Perairan Tulamben. Penyelaman pertama ditemani oleh instruktur Bli Kadek, Bli Wayan, dan Bli Surya. Pada penyelaman I contain open water dilakukan pada kedalama 3 – 5 meter selama satu jam. Setelah penyelaman I contain open water peserta kembali ke Tulamben Wreck Divers Villa untuk makan dan mandi. Pada pukul 19.00 WITA dilanjutkan dengan pemberian kelas materi. Pada kelas materi ini, peserta diajarkan materi mengenai selam seperti hand signal, ketentuan – ketentuan selam, dan peralatan – peralatan selam.  Setelah pemberian kelas materi, pada pukul 21.00 WITA peserta kembali ke kamar masing – masing untuk beristirahat malam.


Kegiatan hari kedua dilanjutkan pada tanggal 28 September 2019. Peserta dan panitia bangun pagi pukul 06.00 dan setelah itu dilanjutkan sarapan. Setelah sarapan, peserta bersiap – siap untuk penyelaman II open water. Setelah bersiap – siap peserta berkumpul untuk melakukan coffe break. Pada pukul 08.00 WITA peserta berangkat menuju lokasi penyelaman II open water di Perairan Tulamben. Penyelaman II open water ditemani oleh instruktur Bli kadek, Bli Surya dan Bli wayan. Setelah penyelaman II peserta beristirahat makan pagi bersama pada pukul 10.00 WITA. Setalah makan bersama, peserta kembali bersiap – siap untuk melakukan penyelaman III open water pada spot dive yang sama dengan penyelaman II. Pada pukul 12.00 WITA, dilanjutkan penyelaman III open water. Setelah penyelaman III open water, peserta kembali menuju ke Tulamben Wreck Divers Villa untuk mandi. Pada pukul 13.30 WITA peserta makan siang bersama dan dilajutkan peserta beristirahat. Pada pukul 16.00 WITA dilanjutkan dengan sesi kelas materi yang diisi dengan sesi menjawab soal – soal mengenai tentang selam. Pada pukul 18.00 WITA peserta makan malam bersama dan dilanjutkan dengan briefing untuk penyelaman IV dan V di Perairan Tulamben. Pada pukul 21.00 WITA peserta kembali ke kamar masing – masing untuk beristirahat malam.


Kegiatan hari ketiga selanjutnya pada tanggal 29 September 2019 dengan dimulai olahraga pagi (stretching) pada pukul 06.00 WITA sebelum melakukan penyelaman IV. Pukul 06.30 WITA peserta dan instruktur selam makan pagi bersama. Setelah makan bersama, peserta bersiap – siap diri untuk melanjutkan penyelaman IV. Pada pukul 07.30 peserta dan panitia menuju ke lokasi untuk melakukan penyelaman di Perairan Tulamben. Penyelaman IV dilakukan pada pukul 08.00 WITA dengan dilanjutkan penyelaman IV pukul 09.30 WITA dengan tempat yang sama. Selanjutnya, peserta melakukan penyelaman ke V pada pukul 11.00 WITA. Setelah selesai pada penyelaman ke V panitia dan para peserta kembali ke Tulamben Wreck Divers Villa untuk mandi dan makan siang bersama. Setelah makan siang bersama, peserta dan panitia bersiap – siap untuk kembali pulang ke rumah. Pukul 14.30 WITA peserta dan panitia menuju Kampus Udayana Sudirman. Peserta dan panitia tiba di Kampus Udayana Sudirman pukul 17.00 WITA. Peserta dan Panitia kembali ke rumah masing – masing.