STUDENT DAY FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS UDAYANA 2019

Kegiatan Student Day tingkat Fakultas merupakan salah satu  kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan Student Day FKP Unud pada tahun 2019 mengambil tema “Menciptakan Insan Akademik Kelautan dan Perikanan yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif dalam Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai III Gedung Perpustakaan Universitas Udayana.


Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Student Day FKP 2019 yaitu 133 mahasiswa dengan rincian 74 mahasiswa baru program Studi Ilmu Kelautan dan 55 mahasiswa baru program studi Manajemen Sumberdaya Perairan serta 2 mahasiswa lama program studi Ilmu Kelautan dan 2 mahasiswa lama program studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WITA dengan mengumpulkan peserta Student Day FKP 2019 di areal kampus FKP dan dilanjutkan pemeriksaan atribut serta absensi kehadiran peserta oleh panitia yang bertugas. Pada pukul 07.45 WITA peserta yang didampingi oleh panitia pendamping kelompok berjalan menuju lokasi kegiatan. Sesampainya ditempat lokasi, peserta duduk sesuai kelompok masing - masing. Pada pukul 08.10 WITA dimulai acara pembukaan kegiatan yang di hadiri oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan, Pengawas Independen, beberapa dosen dan staf Fakutas Kelautan dan Perikanan, Perwakilan BPM Fakultas Kelautan dan Perikanan, Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan, perwakilan Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan, dan perwakilan Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan.


Kegiatan Student Day FKP 2019 secara resmi dibuka oleh Dekan  Fakultas Kelautan dan Perikanan Prof. Dr. Ir. I Wayan Arthana, M.S., Ph.D dengan simbolis penyematan Nametag kepada perwakilan Mahasiswa Baru serta diikuti oleh seluruh peserta Student Day Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.


Acara selanjutnya yaitu pemberian materi oleh tiga organisasi yang ada di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa dan BSO: BASIC (Baruna Scientific Diving Club) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. BEM dan BPM berdiri 18 Desember 2012 yang pertama dibentuk oleh PPPOK yang bertugas membentuk organisasi yang dibutuhkan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan.


Dalam Musyawarah Mahasiswa (Musma) KBM FKP pertama, maka secara resmi  dibentuk 2 organisasi di tingkat  FKP yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) bidang legislatif dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bidang eksekutif, sedangkan BASIC merupakan Badan Semi Otonom (BSO) pertama di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berdiri pada tahun 2016. Sebelum penyampaian materi selanjutnya, peserta mendapatkan coffee break berupa snack. Pada pukul 10.25 WITA pemberian materi II yaitu “Cara menulis Karya Tulis Ilmiah” yang dibawakan oleh Finalis Mawapres FKP 2019 “Pande Ketut Cahya Krisnanta Arioka".
Lalu dilanjutkan pemberian materi III yaitu “ Pengalaman Kuliah di Fakultas Kelautan dan Perikanan” yang dibawakan oleh Jegeg Bagus Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana I Gede Dicky Pradipta Wedayana dan Ni Luh Komang Ayu Maitri Jayanthi.


Yang mereka membawakan materi pengalaman kuliah di Fakultas Kelautan dan Perikanan seperti sharing  kegiatan perkuliahan mulai dari mata kuliah, praktikum lapangan dan praktikum laboratorium baik di program studi Manajemen Sumberdaya Perairan maupun di program studi Ilmu Kelautan. Setelah itu, kini giliran pemberian materi IV mengenai Fish - Go yang dibawakan oleh I Gede Merta Yoga Pratama. Selanjutnya ada pemberian materi tentang “Enterpreneurship” oleh Bapak Adil Dharme Yase selaku Pengusaha Ikan Tuna. Pada pukul 12.10 WITA diadakan ISBAMA (Istirahat, Sembahyang, dan Makan) serta diadakan sosialisasi kegiatan Upanayana oleh pihak Panitia Upanayana Universitas Udayana. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Focus Grup Discussion dengan moderator Priscilia Princessa Amalo dan Hanifa Miranda oleh pembicara Bapak Suko Wardono, A.Pi., M.Si dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut dengan menggunakan ruang pertemuan dan ruang kaca selama 1 jam. Dalam Focus Grup Discussion ini membahas topik “Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil”. Kegiatan selanjutnya yaitu Pengenalan Program Studi Fakultas Kelautan dan Perikanan oleh pihak Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan dan Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan dengan menggunakan ruang kaca dan ruang pertemuan. Masing – masing Himpunan Mahasiswa Program Studi melakukan pengenalan dan sharing mengenai program studi masing – masing. Setelah pemberian materi diselesaikan, dilanjutkan dengan pengenalan panitia Student Day FKP dan pemutaran video.


Sebelum acara penutupan diumumkan juara peserta Student Day terbaik dan penugasan terbaik. Pada pukul 16.20 WITA Student Day resmi ditutup oleh Bapak I Wayan Darya Kartika, S.Pi,. M.Si. dengan simbolis melepaskan atribut Student Day oleh perwakilan mahasiswa baru serta diikuti oleh seluruh peserta Student Day FKP Unud. Pembubaran peserta dilaksanakan pada pukul 16.30 WITA dengan dipandu kembali oleh pendamping kelompok menuju parkiran FKP Unud dan melakukan absensi oleh panitia yang berjalan dengan lancar.