STUDY CLUB MANGROVE 2018

Study Club Mangrove 2018 merupakan salahsatu program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bentuk kegiatannya yaitu konservasi mangrove sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pengenalan bidang kelautan yang dituangkan melalui kegiatan bakti sosial dan kampanye ataupun pengenalan langsung dilingkungan sekitar khususnya mengenai ekosistem mangrove. Tahun ini Study Club Mangrove diketuai oleh I Putu Sugiana (Ilmu Kelautan 2017) dengan mengusung tema“Planting For Nature Educating For Future”.


    Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari,  yaitu pada tanggal 08 s/d 09 September 2018 yang bertempat di Kampoeng Kepiting, Tuban, Bali bersama dengan Kelompok Nelayan Wanasari. Kegiatan hari pertama dimulai pada pukul 08.30 WITA, yang diikuti oleh 80 peserta dengan agenda kegiatan Touring  Mangrove dan pengenalan jenis-jenis mangrove di area Kampoeng Kepiting, pemberian kuis kepada peserta mengenai mangrove yang sudah dikenalkan, pengenalan dan demonstrasi inovasi berupa olahan mangrove yaitu kopi mangrove dan nugget mangrove, serta agenda hari pertama diakhiri dengan pembibitan pohon mangrove.


Kegiatan hari kedua yaitu diawali dengan bermain kano dengan peserta. Permainan kano ini salah satu upaya dari panitia agar peserta berminat membersihkan sampah di ekosistem mangrove. Dilanjutkan dengan  games dan pemberian materi cara penanaman mangrove oleh Bapak Agus Diana selaku sekretaris Kelompok Nelayan Wanasari. Acara puncak dari Study Club Mangrove 2018 adalah penanaman mangrove jenis Rhizophora mucronata sebanyak 100 bibit yang berlokasi di selatan pintu masuk jalan tol Ngurah Rai. Study Club Mangrove 2018 ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada Kelompok Nelayan Wanasari dan sesi foto bersama antara peserta dan seluruh panitia Study Club Mangrove 2018