STUDY CLUB MANGROVE DAN TERUMBU KARANG 2020 HIMASILA FKP UNUD

Study Club Mangrove dan Terumbu Karang 2020 merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bentuk kegiatannya yaitu konservasi mangrove dan transplantasi terumbu karang sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pengenalan bidang kelautan yang dituangkan melalui kegiatan bakti sosial dan kampanye ataupun pengenalan langsung dilingkungan sekitar khususnya mengenai ekosistem mangrove dan transplantasi terumbu karang.


Tahun ini Study Club Mangrove dan Terumbu Karang diadakan dalam bentuk webinar dengan tujuan mengantisipasi penularan covid-19 namun tetap menjalankan upaya meningkatkan kepedulian terhadap ekosistem mangrove dan terumbu karang dengan memberikan materi mengenai cara pelestarian mangrove dan terumbu karang. Sebelum kegiatan ini berlangsung, untuk mendukung kegiatan ini kami selaku panitia membuat video konservasi mangrove yang bertempat di Kampoeng Kepiting dan transplantasi terumbu karang di Pantai Melasti. Study Club Mangrove dan Terumbu Karang 2020 mengusung tema “Selamatkan Sumber Daya Laut Untuk Masa Depan Kita Dengan Melestarikan Mangrove dan Terumbu Karang”. Makna dari tema tersebut yaitu sebagai generasi muda kita membutuhkan upaya pelestarian terhadap ekosistem mangrove dan terumbu karang yang terdapat di laut Indonesia harus senantiasa dikembangkan, salah satunya dengan gerakan konservasi mangrove dan transplantasi terumbu karang.


Study Club Mangrove dan Terumbu Karang dilaksanakan 2 hari, yaitu pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2020 yang dilaksanakan secara online melalui platform Webex. Kegiatan hari pertama dimulai pukul 08.00 WITA, yang dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan Pembina Kreativitas Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pembina Bidikmisi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pembina Program Hibah Bina Desa dan KBMI Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pembina Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pembina Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Himpunan Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Mahasiswa Baru Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, dan Masyarakat Umum. Kegiatan hari pertama diikuti sebanyak 83 peserta. Terdapat rangkaian acara hari pertama, yaitu Pembukaan,


Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Lagu Hymne Udayana, Pembacaan Doa, Sambutan Ketua Pelaksana, Sambutan Ketua HIMASILA, Sambutan Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Pemberian Materi Mengenai Edukasi dan Konservasi Mangrove oleh Pak Agus Diana dari Kelompok Nelayan Wanasari, Pemberian Materi Mengenai Teknologi dalam Pengambilan Data Mangrove oleh Bapak I Wayan Eka Dharmawan dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang diarahkan oleh panitia, Pemutaran Video Konservasi Mangrove Kampoeng Kepiting, dan kegiatan hari pertama ditutup dengan sesi foto bersama anata peserta dan narasumber.


Kegiatan hari kedua dimulai pukul 08.00 WITA, yang diawali dengan Pemberian Materi Mengenai Terumbu Karang oleh Ibu Dr.Sc.Widiastuti, S.Kel.,M.S, Pemberian Materi Mengenai Bentuk Kegiatan Konservasi Terumbu Karang yang diarahkan oleh pantia dan Pemutaran Video Transplantasi di Pantai Melasti. Study Club Mangrove dan Terumbu Karang 2020 ditutup dengan sesi foto bersama antara peserta, narasumber dan seluruh panitia Study Club Mangrove dan Terumbu Karang 2020. Study Club Mangrove dan Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2020 meningkatkan tali persaudaraan antara sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, karena jika kita bisa menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita.


    Study Club Mangrove dan Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2020 tidak hanya berhenti sampai disini, setiap dua minggu sekali akan melaksanakan monitoring. Dalam monitoring tersebut mangrove akan dibersihkan dan dipantau pertumbuhannya, sehingga dapat diketahui apakah mangrove yang ditanam mengalami perkembangaan yang signifikan. Setelah itu, data yang didapat akan dibuat sebuah kajian ilmiah tertulis.