Study Club Mangrove dan Terumbu Karang 2022

Study Club Mangrove dan Terumbu Karang atau disingkat SCMTK merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan, Fakultas Kelautan dan Perikanan. Pada tahun ini, SCMTK mengusung tema The Secret of The Coast dengan bermakna rahasia keindahan pesisir yang perlu diketahui oleh semua masyarakat dan usaha restorasi kondisi ekosistem mengrove dan terumbu karang sebagai ekosistem utama di laut melalui praktik lapangan dan studi visit oleh para peserta SCMTK 2022.


Acara SCMTK berlangsung selama tiga hari. Pada hari Minggu, 4 September 2022, telah dilaksanakan pembukaan yang bertempat di Fakultas Kelautan dan Perikanan, tepatnya pada ruang kerapu 7 dan 8. Acara ini dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Universitas Udayana, dan Mars Himitekindo. Lalu, dilakukan pembukaan oleh Ketua Program Studi Ilmu Kelautan yaitu Bapak Dr. Dwi Budi Wiyanto, S.Kel., MP. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi pertama oleh Ibu Ni Made Ernawati, S.Kel., M.Si bertemakan Produk Mangrove yang Bernilai Ekonomis. Setelah itu, peserta diajak untuk mengikuti studi visit ke PT. Agung Aquatic Marine yang berlokasi di Kerobokan. Di lokasi tersebut, peserta di berikan materi yang di bawakan oleh Ni Kadek Suardiani. S.Pi yang berjudul Proses Produksi dan Ekspor Karang dan Ikan Karang, dan pemateri yang selanjutnya adalah I Gusti Ayu Agung Mahayoni Aksari dengan judul Perizinan Ekspor Karang dan Ikan Karang. Setelah mendapat materi, peserta berikan informasi bagaimana cara mengemas ikan karang dan terumbu karang yang akan di ekspor ke luar negeri, peserta juga diizinkan untuk melihat-lihat terumbu karang dan ikan karang milik PT. Agung Aquatic Marine.
Pada hari Sabtu, 10 September 2022, peserta diajak untuk melaksanakan praktik penanaman mangrove yang berlokasi di Kampoeng Kepiting, dengan di pandu oleh bapak Agus Diana, peserta bisa menanam mangrove mereka sendiri di lahan yang telah disediakan oleh Kampoeng Kepiting.

Minggu, 11 September 2022, peserta diberikan materi tentang bagaimana cara transplantasi karang oleh staff KPKHN, mempraktikan bagaimana cara menempelkan bibit coral pada substrat, bagaimana menempelkan bibit coral yang sudah diberikan substrat pada meja karang. Peserta juga diizinkan untuk ikut meletakkan meja karang dan melihat karang milik HIMASILA yang sebelumnya sudah tumbuh. Transplantasi karang ini dilakukan di Pantai Pandawa.