WEBINAR NASIONAL AQUATIC ON EIGHT 2021

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan ke-8. Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan menyelenggarakan kegiatan Aquatic On Eight 2021, dimana salah satu rangkaian acara Aquatic On Eight adalah Webinar Nasional Aquatic On Eight 2021 dengan tema “Pandemi Covid-19: Kondisi Laut dan Perikanan Indonesia serta Peran Masyarakat Umum dalam Memelihara Sumber Daya Perairan”. Kegiatan Webinar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2021 diselenggarakan pada tanggal 04 April 2021 di rumah masing-masing via Webex Meeting dan panitia pelaksana berada di ruang Kerapu 08 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Pembicara dalam kegiatan Webinar Aquatic On Eight diambil dari beberapa stake holder yang terkait dengan pemuda maritim Indonesia dan tata kelola laut yang baik dan berkelanjutan. Pembicara pertama yaitu Kaisar Akhir, S.I.K., M. Sc. selaku Founder and Chairman of Indonesian Maritime Youths (Maritim Muda Nusantara), dengan tema materi “Pemuda Ekonomi Biru 4.0 untuk Pengelolaan Sumber Daya Maritim Berkelanjutan”. Pembicara kedua Dr. Suhana, S. Pi, M. Si. selaku Peneliti Ekonomi Kelautan Pada Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) sekaligus Dosen STEI Muhammadiyah Jakarta, dengan tema materi “Kondisi Ekonomi Perikanan Pada Masa Pandemi Covid-19”.


        Kegiatan Webinar Nasional Aquatic On Eight dimulai dengan pembukaan pukul 08.45 WITA yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan ini juga dihadiri oleh undangan dari Dosen Manajemen Sumberdaya Perairan, DPM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua HIMASILA Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua dan Wakil Ketua Himmaspera Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, dan BASIC (Baruna Scientific Diving Club) Universitas Udayana. Peserta Webinar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2021 berjumlah 165 peserta yang terdiri dari mahasiswa/mahasiswi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, mahasiswa/mahasiswi lingkungan Universitas Udayana, dan masyarakat umum lainnya. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV moderator oleh MC dimana MC pada acara kali ini yaitu Intan Anjani selaku mahasiswi dari Program Studi Manajemen Sumeberdaya Perairan dan acara diambil alih oleh moderator pertama pada webinar nasional yang diselenggarakan adalah Periset Swarna Jawa Bali (SJB) Dwipa Bapak I Nyoman Yoga Parawangsa, S.Pi., M.Si. dilanjutkan dengan pembacaan CV pembicara pertama, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama hingga pukul 10.10 WITA. Pada pertengahan acara ada pemberian kuis sesi I dan diikuti oleh partisipant yang mengikuti webinar. Selanjutnya pembacaan CV moderator kedua oleh MC yaitu Ibu Dewa Ayu Angga Pebriani, S.Pi., M.P selaku dosen Manajemen Sumberdaya Perairan, dilanjutkan dengan pembacaan CV pembicara pertama, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama hingga pukul 11.40 WITA. Dipenghujung acara diadakan kuis yang nantinya diberikan reward untuk peserta yang mendapatkan nilai tertinggi. Pada pukul 12.00 WITA acara Webinar Nasional Aquatic On Eight ditutup oleh MC dan semua participant diminta untuk meninggalkan room meeting.
    Dengan adanya Webinar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2021 diharapkan nantinya mampu mendapatkan penalaran lebih luas mengenai isu menyangkut konservasi dan mendapat informasi pengalaman yang telah didapat oleh pembicara dalam hal pengelolaan, pemeliharaan dan pelestarian sumberdaya maritim serta upaya meningkatkan sumberdaya manusia, selain itu melalui kegiatan ini mahasiswa serta masyarakat diharapkan mampu mengetahui Kondisi Laut dan Perikanan Indonesia  pada masa pandemi Covid-19.