STUDY CLUB TERUMU KARANG HIMASILA FKP UNUD 2017

Kelompok Studi Transplantasi Terumbu Karang adalah program kerja baru dalam kelompok studi Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kegiatan kelompok studi ini sebagai wadah untuk mengenal dan menambah pengetahuan mahasiswa Ilmu Kelautan (khususnya) dengan cara berintraksi langsung dengan alam.
Kelompok Studi Transpantasi Terumbu Karang 2017 diketuai oleh William Jr. Boom Alwer, mahasiswa Ilmu Kelautan 2016. Acara transplantasi terumbu karang 2017 HIMASILA FKP Unud berkolaborasi dengan BEM-PM Universitas Udayana, mengangkat tema “One Coral for a Millions Lives” yang bertujuan usaha pelestarian terumbu karang di pantai yang ekosistem terumbu karangnya sedikit. Konsep acara dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 7 Oktober 2017 di Gedung IPD Bukit Jimbaran dengan agenda coral workshop oleh Dr.Sc. Widiastuti Karim, S.Kel., M.Si (Dosen Fakultas Kelautan dan Periknan) dan materi propagasi terumbu karang oleh Bapak Tri Bagus Pamungkas, S.Pi. (Manager CV. Cahaya Baru). Pada tanggal 8 Oktober 2017 di Pantai Melasti dengan agenda penanaman bibit terumbu karang.


Acara coral workshop dimulai pukul 08.30 WITA yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak I Gede Hendrawan, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang ditandai dengan pemotongan pita, Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa Universitas Udayana, Menteri Koordinator BEM-PM Universitas Udayana, Menteri Kajian Sosial dan Lingkungan Hidup BEM-PM Universitas Udayana, dosen – dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FKP Unud, Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa FKP Unud, Ketua HIMASILA FKP Unud, Ketua HIMMASPERA FKP Unud, Ketua Baruna Scientific Diving Club FKP Unud dan Komunitas Lingkungan Hidup wilayah Bali (Marine Buddies, Earth Hour, SIMALU, GENBI dan Sobat Bumi Bali).


Dalam coral workshop ataupun penanaman bibit terumbu karang diikuti oleh 60 orang peserta dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Udayana sangat antusisas mengikuti runtutan acara dari awal hingga akhir. Kegiatan dihari kedua dilakukan pada pukul 15.30 WITA ketika keadaan pantai surut. Kegiatan ini lebih ditekankan praktek lapangan mengenai langkah melakukan transplantasi terumbu karang, peserta dilibatkan langsung untuk belajar cara menanam bibit.