BERITA ACARA MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020

Musyawarah Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana atau MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020 merupakan salah satu program kerja terakhir dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan Universitas Udayana (HIMASILA FKP UNUD) 2020. Kegiatan ini diketuai oleh Dewa Febio Pujawan dengan jumlah panitia 49 orang. Kegiatan MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020 ini memiliki tema yaitu “Menciptakan Mahasiswa Kelautan yang Berjiwa Pemimpin, Kritis, dan Cerdas Dengan Meningkatkan Solidaritas dimasa Pandemi”. Melalui tema ini, diharapkan pada masa pandemi Covid 19 ini tidak menjadi sebuah penghalang bagi mahasiswa Ilmu Kelautan dalam berproduktivitas khususnya menjalankan perkuliahan serta berorganisasi dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerjasama pada kegiatan positif lainnya dengan mewujudkan generasi yang memiliki mental dan integritas yang baik sehingga menjadi calon pemimpin yang dapat menggerakan dunia kemaritiman.


Kegiatan ini terdiri dari 2 rangkaian kegiatan yaitu Pra-MUSMA dan MUSMA dengan pelaksanaan secara during melalui aplikasi webex dan menghadiri acara langsung di Gedung FKP ruang Kerapu 7 dan 8. Pada Pra-MUSMA yang dilaksanakan pada hari Jumat, 27 November 2020 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan mengenai MUSMA HIMASIA FKP UNUD, seperti tata cara interupsi, pengertian ketukan palu dan simulasi sidang MUSMA HIMASILA FKP UNUD. Pada kegiatan ini mengundang 3 orang pembicara yaitu Cikal Bhumiwicana Qalnar, Pande Komang Egar P., dan Hanifa Miranda  I.H.P, serta diikuti oleh 33 orang peserta  yang terdiri dari 21 peserta yang hadir  secara during melalui aplikasi webex dan 12 peserta yang hadir langsung terdiri dari 3 orang perwakilan setiap angkatanan  yaitu angkatan 17, 18,19 dan 20.


Pada hari Sabtu, 28 November dan Minggu, 29 November 2020 membahas AD-ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga), penetapan calon Ketua dan Wakil Ketua HIMASILA FKP UNUD 2021. Pada kegiatan MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020 tanggal 28 November 2020 yang bertempat di gedung FKP ruang Kerapu 7 dan 8 dihadiri 44 peserta melalui aplikasi webex dan 12 peserta yang hadir secara langsung. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yaitu I Wayan Gede Astawa Karang S.Si., M.Si., Ph.D. Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan membahas sidang Pleno I yang terdiri dari pembacaan agenda sidang, pembacaan tata tertib sidang, dan pemilihan presidium sidang tetap. Melalui pemilihan dan pengajuan dari beberapa peserta, sehingga diperoleh 3 presidium tetap yaitu Presidium I Tetap adalah Imanuella Calvin Clein Celestine dari Ilmu Kelautan 2019, Presidium II Tetap Muhammad Ramadhan Harfin Saad  dari Ilmu Kelautan 2019, dan Presidium III Tetap I Gusti Agung Made Divasena dari Ilmu Kelautan 2020. Dilanjutkan pada agenda Sidang Pleno II yaitu pembahasan anggaran Dasar dan melanjutkan agenda terakhir yaitu pembahasan sidang pleno III tentang Anggaran Rumah Tangga. Agenda acara MUSMA HIMASILA FKP UNUD pada hari Sabtu tanggal 28 November 2020 berakhir pukul 22.30 WITA.


Pada hari kedua yaitu tanggal 29 November 2020 dimulai pada pukul 08.30 WITA dan dihadiri oleh 31 peserta melalui aplikasi webex dan 12 peserta yang hadir langsung. Musyawarah hari kedua ini melanjutkan agenda Sidang Pleno IV yaitu pembahasan Aturan Khusus, pembahasan Laporan Pertanggung Jawaban Program Kerja HIMASILA FKP UNUD 2020 yang disampaikan oleh Ketua HIMASILA FKP UNUD 2020 yaitu I Made Baba Kresna Bayu, setelah itu dilanjutkan demisioner fungsionaris HIMASILA FKP UNUD 2020 yang di demisionerkan langsung oleh presidium tetap saat sidang, dan dilanjutkan pembahasan Tata Cara Pemilihan Calon Ketua HIMASILA FKP UNUD 2021. Dalam pemilihan Calon Ketua HIMASILA FKP UNUD 2021, diperoleh Calon Ketua yaitu Gede Eko Apryawan dan Stephen Martuaradja Hutagalung, Kedua Calon Ketua merupakan Mahasiswa Ilmu Kelautan 2019. Kedua calon nantinya yang akan di daftarkan pada Pemilu Raya Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dan sesuai AD-ART MUSMA HIMASILA FKP UNUD, bila salah satu dari kedua calon yang mendapatkan suara terbanyak akan menjadi Ketua HIMASILA FKP UNUD  2021. Dalam penetapan Calon Ketua HIMASILA FKP UNUD 2021, masing-masing calon membacakan visi misinya dan dilanjutkan dengan tanya jawab antara kedua calon ketua dengan forum. Adapun agenda terakhir MUSMA HIMASILA FKP UNUD yaitu pemilihan Dewan Pertimbangan HIMASILA FKP UNUD 2020/2021. Pada agenda ini membahas jumlah Dewan Pertimbangan dan Penetapan Dewan Pertimbangan, dimana Dewan Pertimbangan yang terpilih yaitu Cikal Bhumiwicana Qalnar dari Ilmu Kelautan 2017, I Made Baba Kresna Bayu dan Ida Ayu Sukrtaning Vaidya dari Ilmu Kelautan 2018.

Dokumentasi

1.1.    Pembukaan Pra-MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020 di Gedung FKP Ruang Kerapu 7 dan 8.

2.    Peserta MUSMA HIMASILA FKP UNUD 2020

3. Persidangan di pimpin oleh Presidium Tetap

4. Penyampaian LPJ HIMASILA FKP UNUD 2020  periode 2020 oleh Ketua HIMASILA 2020 FKP UNUD 2020

5.    Demisioner Fungsionaris HIMASILA FKP UNUD periode 2020

6.    Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua HIMASILA FKP UNUD periode 2021