COOPERATIVE STUDY MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS UDAYANA 2018

Kegiatan Cooperative Study 2018 Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan khususnya Komisi Pengembangan Mahasiswa yang berbentuk kegiatan keilmuan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang perikanan dan sebagai referensi tempat untuk magang dan Praktek Kerja Lapangan yang ada di Bali diantaranya lembaga yang dikunjungi adalah UD. Mina Bakti dan Panjul Segara. Kegiatan ini, mengambil tema “Mewujudkan Mahasiswa FKP UNUD yang Memiliki Softskill dan Hardskill dalam Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Berdaya Saing Global” karena Cooperative Study berlangsung selama 1 hari yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2018. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini seluruhnya 64 Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.
    Kegiatan ini dimulai pukul 06.30 WITA yang mewajibkan peserta berkumpul di Kampus Bukit Jimbaran Fakultas Kelautan dan Perikanan dan dilanjutkan dengan pengabsenan peserta. Pada pukul 07.00 WITA semua peserta memasuki bis untuk berangkat menuju UD. Mina Bakti Tabanan. Sesampainya di UD. Mina Bakti, peserta berbaris untuk melakukan pembukaan yang dihadiri oleh para dosen diantaranya I Ketut Wija Negara, S.ST.Pi., MP, I Wayan Darya Kartika, S.Pi., M.Si, dan Ni Putu Putri Wijayanti, S.Pt.,M.Pt. Pembukaan di isi oleh sambutan ibu Suprabadevi Ayumayasari S, S.Kel., M.Si sebagai sambutan perwakilan dosen serta dilanjutkan dengan sambutan dari pihak UD. Mina Bakti yaitu bapak I Made Budiarsa, S.Pi, M.Si, serta sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tabanan yaitu bapak I Made Subagia.


    Selanjutnya, bapak I Made Budiarsa, S.Pi, M.Si. memberikan pemaparan materi tentang cara pemijahan ikan lele yang dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dari pukul 09.45 WITA – 10.30 WITA serta ditutup dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada pihak UD. Mina Bakti. Setelah pukul 10.30 WITA kegiatan dilanjutkan dengan praktek lapangan yang berisi materi mulai cara budidaya sampai cara pengolahan ikan lele dan diakhiri dengan istirahat, sembahyang dan makan bersama.


    Pada pukul 13.30 semua mahasiswa dan dosen yang mendampingi menaiki bis untuk menuju Panjul Segara Tabanan. Sesampainya di Panjul Segara peserta diarahkan berkumpul untuk mendengarkan sambutan oleh Bapak I Wayan Jawan dari pihak Panjul Segara dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan plakat sebagai kenang-kenangan.


    Setelah mendengarkan sambutan dari pihak Panjul Segara, kegiatan dilanjutkan dengan seluruh peserta beserta dosen berkeliling Panjul Segara ke tujuh titik yang telah disiapkan secara bergantian sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan sekaligus mendapatkan penjelasan kegiatan yang dilakukan di masing-masing titik yang ada. Kegiatan berkeliling dimulai pukul 14.45 WITA sampai 15.45 WITA. Kelompok satu terlebih dahulu didampingi ke lokasi budidaya lobster, kelompok dua didampingi ke lokasi pemindangan, kelompok tiga didampingi ke lokasi culture, dan bergantian dengan kelompok seterusnya. Dari setiap kelompok yang telah dibagi, akan mendapat giliran sehingga setiap kelompok mengunjungi ketiga lokasi yang diantaranya lokasi budidaya lobster yang berkegiatan membudidaya loster, lokasi pemindangan yang berkegiatan memindang ikan mulai dari cara mencuci ikan hingga bersih sampai merebus ikan dan lokasi culture yang memiliki ruangan seperti kulkas yang isinya terdapat semua ikan yang dibekukan.


    Setelah itu, pada pukul 16.00 WITA semua peserta beserta dosen, pihak Panjul Segara dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tabanan berangkat menuju Pantai Yeh Gangga untuk melepas tukik sekaligus melakukan sesi foto bersama. Pada pukul 16.30 semua peserta beserta dosen menaiki bis dan menuju perjalanan pulang ke Fakultas Kelautan dan Perikanan Kampus Bukit Jimbaran. Sesampainya di Kampus Bukit Jimbaran dilanjutkan dengan pengabsenan sekaligus pembubaran kegiatan.