DISKUSI ILMIAH FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN 20 MARET 2018

Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan Diskusi Ilmiah Maret 2018, dan acara Diskusi Ilmiah akan dilaksanakan pada setiap bulannya. Kegiatan Diskusi Ilmiah ini mengangkat tema “Membangun Sinergi Bersama Mewujudkan Mahasiswa Intelektual” yang dilaksanakan di Ruang A Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana pada tanggal 20 Maret 2018 dengan pembicara dari mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan dan diikuti oleh peserta dari mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan pula. Dilaksanakannya kegiatan Diskusi Ilmiah tersebut merupakan bagian dari program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana tahun 2018. Kegiatan Diskusi Ilmiah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penulisan ilmiah, memberikan pembekalan tentang pengetahuan ilmiah dan meningkatkan motivasi dan potensi mahasiswa untuk mencari gagasan baru dalam pengetahuan ilmiah.
  

 Pelaksanaan kegiatan Diskusi Ilmiah Maret 2018 diikuti oleh peserta sebanyak 27 orang dari mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan. Pada acara Diskusi Ilmiah ini berjalan dengan tertib dan non formal. Pada pembukaan acara diawali dengan doa dan laporan ketua panitia. Selanjutnya, sambutan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang sekaligus membuka kegiatan Diskusi Ilmiah Kelautan dan Perikanan Diskusi Ilmiah Maret 2018. Kemudian dilakukan pengenalan dan kesepakatan tentang Diskusi Ilmiah kepada para peserta oleh pemateri.
Pada bulan Maret ini pembahasan yang dilakukan ialah mengenai format dan teknis penulisan laporan (spacing, penomeran halaman, daftar isi, heading dsb.). Selanjutnya untuk bulan April akan membahas mengenai Bab I dan II, untuk bulan kedepannya akan membahas Bab selanjutnya dan begitu seterusnya hingga para mahasiswa dapat fokus pada pembuatan PKM 5 bidang. Pada bulan selanjutnya akan mengundang pembicara-pembicara yang berpengalaman di PKM. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan sesi Tanya Jawab. Pada sesi Tanya Jawab ini, ada beberapa peserta yang bertanya, yang pertama mengenai format penulisan laporan yang bervariasi. Selain itu adapula yang bertanya mengenai cara mencari judul/ide yang menarik untuk topik karyaa tulis dan cara mengutip informasi dari jurnal. Dari semua pertanyaan tersebut dapat diatasi dan diterima oleh peserta Diskusi Ilmiah. Diakhir acara diadakan penyampaian saran/usulan dari peserta yang hadir pada Diskusi Ilmiah 2018.