Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana kedatangan Dinas Kelautan dan Perikanan dari Provinsi Sulawesi Barat

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat , mengadakan studi banding sekaligus FGD (Focus Group Discussion) ke Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana pada hari Kamis, 24 Februari 2022. FGD (Focus Group Discussion) dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, Sulawesi Barat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Dr. Ir. Fadli Syamsudin, M.Sc . Rombongan disambut olelh Dekan Fakultas kelautan dan Perikanan Unud yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan III, I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si.,M.Si.Ph.D.

Dalam sambutannya, I Wayan Gede Astawa Karang, Ph.D meyampaikan ucapan terima kasih karena Fakultas Kelautan dan Perikanan dijadikan salah satu tujuan studi banding sekaligus diskusi terkait kondisi perikanan di Sulawesi Barat dan Bali. FKP Unud mengharapkan adanya kerjasama yang lebih intensif kdepannya dengan Provinsi Sulawesi Barat khususnya dalam bidang kelautan dan perikanan. Dr. Fadli Syamsudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Sulewasi Barat memiliki potensi perikanan yang melimpah yang didukung oleh kondisi perairan Selat Makassar namun masih belum banyak produk olahan hasil perikanan yang bisa menjadi unggulan daerah.

Untuk itu perlu adanya pengembangan dan peningkatan daya saing produk olahan yang bersumber dari bahan baku laut. Kegiatan diskusi diawali dengan penyampaian materi dari tiga narasumber yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali diwakili oleh Kabid Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Bali Bapak Putu Wiwa Wirawan, S.Pi dengan materi kondisi pengolahan dan pemasaran produk perikanan di Bali. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh WD III FKP, I Wayan Gede Astawa Karang, Ph.D dengan materi Peran Ilmu Oseanografi untuk Bidang Perikanan. Penyajian materi ditutup oleh Kepala dinas kelautan dan perikanan Sulawesi Barat dengan materi pentingnya studi banding untuk peningkatan wawasan perikanan. Selain FGD (Focus Group Discussion), Dinas Kelautan dan Perikanan berserta para pemasar dan pengusaha kecil melakukan kunjungan ke beberapa unit pengolahan ikan dan industry perikanan yang sudah berkembang di Bali. Dari studi banding dan FGD (Focus Group Discussion) ini diharapkan para pemasar dan pengusaha kecil mendapatkan inspirasi.