Kegiatan Aqualiarity Six Himmaspera Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udyana 2019

Kegiatan Aqualiarity Six merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMMASPERA) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana masa bakti 2018/2019 khususnya dari Komisi Kesejahteraan Masyarakat. Dimana acara Aqualiarity Six ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah, Pengabdian Sosial, dan Acara Puncak yang dilaksanakan dari tanggal 10, 12, dan 13 April 2019.
Rangkaian acara yang pertama dari kegiatan Aqualiarity Six adalah Lomba Kaya Tulis Ilmiah yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 April 2019 dengan jumlah peserta 7 orang.


Acara ini dimulai dengan pengumpulan panitia pukul 15.00 WITA di Lantai 2 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Peserta, undangan dan juri mulai datang pada pukul 16.30 WITA dan diarahkan terlebih dahulu ke meja regristrasi untuk mengisi daftar hadir.


Acara pembukaan Aqualiarity Six 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Kemudian pada pukul 17.05 WITA dilanjutkan dengan perkenalan dan pembacaan CV dari ketiga juri Lomba Karya Tulis Ilmiah Aqualiarity Six yaitu juri yang pertama Bapak I Ketut Wija Negara, S.St. Pi., MP, juri yang kedua Ibu Dewa Ayu Angga Pebriani, S.Pi.,MP dan juri yang ketiga Bapak I Wayan Darya Kartika, S.Pi.,M.Si. Setelah perkenalan dan pembacaan CV dari ketiga juri, acara dilanjutkan dengan pembacaan persyaratan ketentuan dan kriteria lomba artikel oleh MC. Acara selanjutnya yaitu pada pukul 17.10-17.20 WITA dilanjutkan dengan penampilan dari peserta nomer urut 1 oleh Zidni Ferdinand Yusuf. Pukul 17.30-17.40 WITA oleh peserta nomer urut 2 oleh M. Alfian Pratama. Pukul 17.50-18.00 WITA oleh peserta nomer urut 3 Ravita Kusuma Dewi.


Setelah peserta selesai mempresentasikan artikelnya setiap peserta menerima komentar dan beberapa pertanyaan dari ketiga juri. Pada pukul 18.35-18.40 WITA acara ditutup dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama juri serta peserta lomba.


Rangkaian acara Aqualiarity Six yang kedua adalah Pengabdian Sosial yang diselenggarakan pada hari Jumat, 12 April 2019 di Yayayan Pendidikan DRIA RABA. Acara ini dimulai dari pukul 13.00-14.00 WITA yaitu pengumpulan panitia, persiapan dan sembahyang. Pada pukul 15.00 WITA peserta dan undangan datang dan langsung diarahkan menuju meja regristrasi untuk absen kemudian diarahkan menuju aula.


Acara pembukaan dimulai pada pukul 15.00 WITA yang diawali dengan sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan DRIA RABA, Ketua Panitia Aqualiarity Six, Ketua HIMMASPERA, Pembina HIMMASPERA. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan donasi dari panitia untuk yayasan.


Kemudian acara dilanjutkan dengan pemuteran video edukatif + dongeng yang dibawakan oleh Bali Mendongeng, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan KALKULUS BAND, dilanjutkan dengan penampilan music dan persembahan lagu dari anak yayasan. Pukul 16.45-17.35 dilanjutkan dengam games. Terdapat dua games yang dimainkan yaitu berbisik berantai dan terompah berkaki tiga. Pukul 17.50-18.30 dilanjutkan dengan sesi makan bersama dan terakhir acara ditutup dengan sesi foto bersama.


Rangkaian acara Aqualiarity Six yang ketiga atau yang terakhir adalah Acara Puncak Aqualiarity Six yang diselenggarakan di Parkiran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana pada hari Sabtu, 13 April 2019. Acara puncak Aqualiarity Six dimulai pukul 12.30-13.00 WITA yaitu peserta mulai berdatangan dan di arahkan menuju meja regristrasi untuk melakukan absen kemudian diarahkan ke Parkiran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana untuk berkumpul dan menerima arahan dari panitia. Setelah seluruh peserta berkumpul di parkiran, selanjutnya peserta di arahkan oleh panitia untuk melaksanakan lomba-lomba pada pukul 14.00 WITA.


Pukul 14.00 WITA perlombaan pertama di mulai yaitu mencari bola emas yang dimainkan oleh 6 orang perkelas. Perlombaan selanjutnya adalah estafet belut yang dimainkan oleh perwakilan 5 orang cowok dan 5 orang cewek perkelas. Dan perlombaan yang terakhir yaitu dragonball yang dimainkan oleh 7 orang perkelas.


Pada pukul 17.35-18.20 dilanjutkan dengan pembukaan acara puncak Aqualiarity Six, laporan Ketua Aqualiarity Six, sambutan Ketua HIMMASPERA, sambutan Pembina HIMMASPERA dan sambutan dari Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan yang sekaligus membuka acara dengan simbolis potong tumpeng yang diikuti dengan dosen-dosen lainnya yang sudah hadir beserta semua peserta dan panitia. Pukul 18.30-19.30 acara dilanjutkan dengan penampilan angkatan 2015, angkatan 2016, angkatan 2017 dan angkatan 2018. Kemudian pukul 19.35-20.00 dilanjutkan dengan acara pemuteran video angkatan 2015, angkatan 2016, angkatan 2017, dan angkatan 2018.


Kemudian dilanjutkan dengan penampilan guest star yaitu modern dance delva-delvi & kalkulus band. Kemudian dilanjutkan dengan pemuteran video rangkaian Aqualiarity Six dan pengumuman juara disetiap rangkaian lomba Aqualiarity Six. Pukul 20.00-22 dilanjutkan dengan acara yang terakhir yaitu color fun dan penampilan DJ yang sekaligus menutup rangkaian acara puncak.