KEGIATAN LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR (LKMM-TD) 2018 FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS UDAYANA

Kegiatan LKMM TD 2018 Fakultas Kelautan dan Perikanan dilaksanakan di Bali Outbond and Farmstay (BOF), Tabanan-Bali. LKMM TD tahun ini mengambil tema “Membangun Jiwa Maritim Pemimpin Muda dengan Sinergitas Hardskill dan Softskill yang Berkualitas”. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 6-8 April 2018. Jumlah peserta yang ikut adalah 150 orang mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan  yang terdiri dari 69 orang mahasiswa program studi Ilmu Kelautan angkatan 2017, 67 orang mahasiswa program studi Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2017 dan ada juga dari angkatan 2016 yaitu dari program studi Ilmu Kelautan berjumlah 5 orang sedangkan program studi Manajemen Sumberdaya Perairan berjumlah 9 orang.


Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan peserta di Kampus Sudirman Universitas Udayana pada  pukul  05.00 Wita. Disana peserta melakukan persembahyangan dan pengabsenan , lalu setelah itu peserta diberangkatkan ke BOF  dengan minibus pada pukul 06.30 Wita. Perjalanan  yang  harus ditempuh untuk sampai di BOF kurang lebih selama 1 jam 30 menit. Peserta tiba di BOF  pada pukul 08.00 wita lalu dilanjutkan dengan persiapan pembukaan. Upacara pembukaan diawali dengan doa yang dilaksanakan oleh panitia yang bertugas dan dilanjutkan dengan  penyampaian  laporan oleh ketua panitia kegiatan  LKMM TD 2018 yaitu saudara Rowand Danny Sebastian Adinegoro. Lalu dilanjutkan dengan  sambutan oleh Gubernur BEM Faklutas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Selanjutnya sambutan oleh Wakil  Dekan III  Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yaitu  Ibu Ni Luh Watiningsih yang sekaligus melakukan penyematan  name tag kepada perwakilan  peserta yang menandakan  telah dibukanya acara LKMM TD 2018 ini secara resmi.
Setelah selesai acara pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan  pemberian materi. Pemateri  adalah dari Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) yang memberikan materi tentang pentingnya berorganisasi. Setelah itu dilanjutkan dengan  pemateri kedua yaitu dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang memberikan materi tentang manajemen waktu. Pemateri ketiga diisi oleh Badan Semi Otonom Baruna Sciencetific Diving Club (BASIC) yang memberikan materi tentang Kerjasama dalam Tim. Selanjutnya ada penampilan video dari organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMASILA) dan Himpunan  Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMMASPERA) tidak hanya menampilkan video ketua lembaga dari kedua prodi juga memberikan materi tentang bhineka tunggal ika. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Kepemimpinan dari Komang Artayasa atau yang sering disebut Tikok mantan Presiden Mahasiswa BEM PM Universitas Udayana Tahun 2016. Dilanjutkan dengan focus group discussion yang diisi oleh dosen FKP yaitu Bapak Wija Negara dan Ibu Elok Faiqoh yang bertemakan IUU (ilegal,unreported,unregulated). Setelah FGD, dilanjutkan dengan pemateri dari TNI AL yang memberikan materi tentang integritas jiwa maritim. Setelah pemberian materi , peserta dilanjutkan dengan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan Isbama. Dilanjutkan dengan pemateri yang diberikan oleh deindra yang memberikan materi tentang public speaking dan sekaligus memberikan tugas kelompok yaitu membuat poster tentang IUU lalu dipresentasikan. Setelah acara ini selesai peserta diarahkan ke tenda untuk beristirahat.
Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan bangun pagi pada pukul 04.30 wita untuk melakukan sholat dan pada pukul 05.30 wita peserta dan panitia melakukan senam pagi. Setelah itu peserta melakukan MCK dan Isbama. Selanjutnya peserta dikumpulkan untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu games dan pengarahan outbond. Games yang diberikan ada 3 yaitu estafer air, karet dalam tepung dan sambungan listrik. Setelah itu, dilakukan pengarahan outbond oleh panitia. Dalam kegiatan outbond ini, peserta diajak untuk menjelajah BOF dan menyelesaikan misi atau tugas yang telah disiapkan disetiap posnya agar mendapatkan kata-kata mutiara sampai pos terakhir. Diawali dengan pos 1, misi dari pos ini adalah memasukkan bola ke dalam kardus dimana orang yang memegang kardus tersebut matanya ditutup dan peserta yang lain mengarahkannya. Selanjutnya di pos 2 yaitu menyelesaikan misi menyalurkan bola hingga garis finish dengan menggunakan bambu yang berukuran 30cm dan dibelah dua. Pos 3 yaitu menyelesaikan misi yaitu berupa memindahkan botol berisi air menggunakan kain yang dibentangkan dan botol tersebut harus tetap berdiri tegak tidak tumbang. Setelah pos 3, dilanjutkan ke pos 4 yaitu dengan misi meluruskan tali yang telah disiapkan oleh panitia dengan cara menarik ujung dari tali tersebut dan ujung satunya dipegang oleh salah satu panitia yang dimana kelompok yang dapat meluruskan tali tersebut tanpa melepas ujungnya maka dianggap berhasil. Selanjutnya ke pos yang terakhir yaitu pos 5 dimana disini peserta mendapatkan misi yaitu melewati jaring laba-laba yang sudah dibuat panitia tanpa menyentuh jaring yang ada , 1 lubang hanya boleh dilewati oleh satu peserta. Tujuan dari kegiatan itu adalah mengasah kekompakan dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan suatu masalah. Setelah kegiatan outbond selesai, semua peserta diarahkan untuk melukan MCK (mandi, cuci, kakus). Setelah selesai melakukan MCK semua peserta beristirahat. Pada pukul 19.00 wita peserta dikumpulkan kembali dilapangan untuk melukan persiapan pentas seni dan api ungun. Lalu, setelah penampilan pentas seni dan api ungun selesai semua peserta diarahkan ke tenda untuk beristirahat.


Pada hari ketiga , kegiatan diawali dengan bangun pagi pada pukul 05.30 wita. Setelah itu peserta melakukan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan Isbama. Selanjutnya peserta diarahkan menuju aula untuk melakukan upacara penutupan. Upacara penutupan ini diawali dengan laporan ketua panitia dan selanjutanya sambuttan dari Gubernur BEM FKP. Setelah itu ada penyerahan tempat sampah dari peserta ke ketua panitia LKMM TD 2018. Selanjutnya ada sambutan dari Bapak I Nyoman Giri Putra, S.Pd.,M.Si selaku Dosen dan Pembina Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan yang sekaligus menutup kegiatan LKMM TD 2018 secara resmi. Peserta menaiki minibus untuk kembali lagi ke Kampus Sudirman sesuai dengan kelompok yang telah dibagi oleh panitia. Setelah sampai di Kampus Sudirman peserta diabsen kembali lalu setelah itu peserta dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing.