KWANSEI GAKUIN UNIVERSITY SHORT PROGRAM AT FACULTY OF MARINE SCIENCE AND FISHERIES, UDAYANA UNIVERSITY 2016

Kegiatan Short Program yang dilaksanakan antara Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana, bertujuan untuk menjalin kerja sama antara KGU dengan FKP yang selanjutnya akan berlanjut dengan Studet Exchange antara kedua Universitas. Short Program antara KGU dan FKP direncakan akan rutin dilakukan setiap tahun di bulan Maret.

Short Program yang dilaksanakan sejak tanggal 10 – 17 Maret 2016 diikuti oleh mahasiswa dari KGU sebanyak 9 orang dengan didampingi oleh Professor Shinsuke Fujiwara Ph.D. dan Dr. Andriana Bibin Bintang (Department of Bioscience School of Science and Technology).
Dalam kegiatan Short Program, mahasiswa KGU melakukan praktikum bersama mahasiswa FKP dalam mata kuliah Biologi Laut, Biologi Perikanan, Konservasi Sumberdaya Hayati Perairan, dan Manajemen Pesisir dan Laut.
Praktikum Biologi Perikanan dilaksanakan di Pantai Samuh untuk mengetahui keanekaragaman lamun dan plankton, sedangkan praktikum Biologi Perairan dengan melakukan pemijahan buatan ikan Lele dan pemijahan sea urchin (bulu babi) serta mengamati perkembangan larvanya yang dilaksanakan di Laboratorium FKP.
Praktikum Konservasi Sumberdaya Hayati Perairan mahasiswa melakukan field work ke Mangrove Information Center (MIC) yang merupakan taman hutan raya untuk mengetahui konservasi dan jenis mangrove. Sedangkan praktikum Manajemen Pesisir dan Laut dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Kedonganan dan pantai Pandawa.