Monitoring dan evaluasi program penelitian Anbiocore Unud oleh USAID SHERA

Pada tanggal 5- 6 April 2019, FKP Unud sebagai salah satu affiliate program USAID SHERA di bawah naungan Animal Biotechnology & Coral Reef Fisheries (ANBIOCORE) dimonev oleh USAID SHERA Jakarta yang terdiri dari Ibu NIZMA Fadila dan Ibu Pravita Tias. Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait perkembangan jalannya program penelitian ANBIOCORE di Unud. 


Unud tergabung dalam konsorsium ANBIOCORE yang terdiri dari IPB, Unud, Unram, Unsyah, Unpad, Unibraw, Undana dan Unipa. Anbicore Unud dengan tema research coral reef fisheries telah melakukan survey lapangan di daerah Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Perairan Karangasem pada tahun 2018 dan penelitian akan diteruskan hingga tahun 2020. Agenda monev diisi dengan pemaparan hasil penelitian tahun pertama oleh masing-masing PIC penelitian, dilanjutkan dengan diskusi dan pengambilan data langsung ke tim peniliti, mahasiswa dan terakhir diisi dengan tim management.


Kegiatan menev berjalan dengan lancar. Pemonev menggali kendala-kendala yang dihadapi peneliti sebagai bahan masukkan untuk penyempurnaan kegiatan pada tahun berikutnya. Selain kendala yang ditemui,  Ibu Nizma sebagai pemonev juga menekankan akan pentingnya pengembangan jejaring untuk kerjasama penelitian maupun pemanfaatan hasil penelitian kedepannya.