PENGABDIAN MASYARAKAT INTERNASIONAL (Mangrove Replanting At Nusa Lembongan)

Salah satu kewajiban dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi, Fakultas Kelautan dan Perikanan melaksanakan Kegiatan pengabdian Masyarakat Internasional "Replanting Mangrove. Kegiatan pengabdian ini terlihat berbeda dari kegiatan pengabdian sebelumnya dan baru pertama kali dilakukan pada tahun ini. kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional melibatkan 15 orang mahasiswa dan Professor dari Kwansai Gakuin University-Jepang, 35 orang staf dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana serta masyarakat di desa lembongan dan Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.


Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Nusa Lembongan pada tanggal 12 Maret 2019. Pengabdian Masyarakat Internasional ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Marine Lab Course Kwansai Gakuin University di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang berlangsung dari tanggal 11- 16 Maret 2019.


Pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya mangrove bagi kawasan pesisir, sehingga kawasan ekosistem mangrove di Pulau Nusa lembongan harus bisa dijaga dan dilestarikan. di akhir acara seluruh peserta kegiatan pengabdian melakukan kegiatan tour mangrove menggunakan perahu  diareal kawasan mangrove pulau nusa lembongan,kegiatan ini memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa dan Profesor dari Kwansai Gakuin University mengenai kawasan mangrove dan mereka berharap kegiatan in dapat dilaksanakan kembali untuk tahun depan.