Pokdakan Project Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Angkatan 2017

Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) project ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana angkatan 2017. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari mata kuliah Manajemen Budidaya Perairan. Pada kegiatan mahasiswa terbagi menjadi 4 Pokdakan yang masing- masing kelompok beranggotakan 17 orang.  Komoditas ikan yang dipelihara adalah ikan lele dumbo (Clarias gariepinus).
Kegiatan dimulai dari awal Oktober 2019 dengan melakukan pembersihan dan persiapan kolam. Selanjutnya masing-masing kelompok melakukan penebaran benih ikan lele dan memulai proses pemeliharaan. Selama pemeliharaan, para mahasiswa berbagi tugas dalam pelaksanaan pemberian makan, mendata pertumbuhan, kesintasan dan kualitas air hingga dilakukan panen setelah 3 Bulan masa pemeliharaan pada akhir Desember 2019. Pokdakan project ini juga menuntut kreatifitas mahasiswa mendapatkan hasil panen yang baik dan menguntungkan. Beberapa kelompok juga tampak mengaplikasikan penggunaan probiotik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesintasan ikan lele yang dipelihara.

Pengampu mata kuliah Manajemen Budidaya Perikanan, Dr. Pande Gde Sasmita dan Alfi Hermawati Waskita Sari, S.Pi., MP mengharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu menerapkan berbagai teori yang telah mereka dapatkan di kelas tentang manajemen budidaya perairan untuk diaplikasikan secara langsung di lapangan seperti manajemen pakan, manajemen kualitas air, dan lain-lain dengan memanfaatkan fasilitas kolam ikan milik Fakultas Kelautan dan Perikanan, serta secara tidak langsung melakukan manajemen organisasi dalam interaksi inter dan antar kelompok. Kegiatan ini selain mengenal teknis berbudidaya ikan, juga berguna untuk melatih jiwa entrepreneurship mahasiswa terutama yang tertarik untuk berwirausaha di bidang perikanan.

Kegiatan ini diakhiri dengan presentasi masing-masing kelompok tentang proses dan hasil yang didapatkan  dengan menerima sanggahan dari kelompok lainnya, serta masukan dari dosen pengampu mata kuliah. Mahasiswa sangat antusias dan penuh semangat melaksanakan kegiatan pokdakan project ini karena langsung bisa melakukan kegiatan praktis, dan memperoleh hasil panen yang baik terlihat dari data pertumbuhan dan kesintasan ikan lele yang tinggi, FCR yang menguntungkan serta adanya diskusi yang hangat selama pemaparan hasil oleh masing-masing kelompok.