SEMINAR NASIONAL FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERTAS UDAYANA 2019

Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2019 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (BEM-FKP) dalam rangka memperingati hari jadi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana  yang ke-8. MAFFEST sendiri memiliki beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah Seminar Nasional yang pada tahun ini mengangkat tema “Mewujudkan Generasi yang Kritis, Kreatif dan Inovatif dalam Pengelolaan Sampah Plastik untuk Mencapai Kelestarian Ekosistem Laut”. Kegiatan Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2019 dilaksanakan di Ruang Nusantara lantai 4 Gedung Agrokompleks Universitas Udayana, Kampus Sudirman pada tanggal 20 Oktober 2019. Adapun Narasumber yang menjadi pembicara di kegiatan ini diambil dari berbagai stakeholder yang terkait dengan sampah plastik baik dari pemerintahan, komunitas dan aktivis. Adapun Pembicara yang pertama yaitu Permana Yodiarso, ST., MT selaku Kepala Seksi Program dan Evaluasi Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar yang memaparkan materi “Pengelolaan Sampah Plastik untuk Mencapai Kelestarian Ekosistem Laut”. Untuk pembicara kedua yaitu I Made Dwi Arbani, S.T.P., M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Bali yang memaparkan materi “Kebijakan Pengelolaan Sampah Plastik dalam Pengendalian Pencemaran Ekosistem Pesisir dan Laut Berbasis Daratan di Provinsi Bali”. Selanjutnya pembicara ketiga yaitu  Erwin Rindra Alianco yang merupakan perwakilan dari Komunitas yang bergerak di bidang sampah plastik di Bali yaitu Bye-bye Plastik Bag. Pembicara keempat yaitu Gde Robi Supriyanto atau yang sering dikenal dengan nama ‘Robi Navicula’ yang merupakan musisi sekaligus aktivis sosial dan lingkungan yang bergerak dibidang plastik.

Kegiatan Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan dimulai dengan pembukaan pukul 08.20 yang dibuka oleh Dr. Pande Gde Sasmita Juliantoro, S.Si., M.Si selaku Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan bersama dengan Dr. I Wayan Gede Gunawan, S.Si., M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang hadir dan membuka acara dalam rangka mewakili Rektor Universitas Udayana. Kegiatan ini juga dihadiri oleh BEM-PM Universitas Udayana, BPM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Gubernur  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasasiwa Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua MAFFEST 2019, Koordinator Wilayah IV HIMAPIKANI, Warmadewa College (Wacoll), Plastik Detox Bali, Marine Debris Guard (MDG) Unud, dan Turtle Conservation And Education Center. Peserta Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2019  berjumlah 168 peserta yang terdiri dari mahasiswa atau mahasiswi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, mahasiswa  atau mahasiswi lingkungan Universitas Udayana, Warmadewa College (Wacoll), Plastik Detox Bali, Marine Debris Guard (MDG) Unud, dan Turtle Conservation And Education Center.
Kegiatan Seminar Nasional diawali dengan pengumpulan dan persiapan panitia dari pukul 06.00 WITA, persiapan ini dilaksanakan selama 1 jam hingga pukul 07.00 WITA dan dilanjutkan dengan briefing panitia. Registrasi peserta dibuka mulai pukul 07.00 WITA. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan tarian pembuka, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Udayana, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh petugas. Selanjutnya yaitu  Laporan Ketua Panitia oleh saudara Ramadhani Ahmad, Sambutan Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan oleh Saudara I Made Yunarta, Sambutan Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan yaitu Dr. Pande Gde Sasmita Juliantoro, S.Si., M.Si  dan dilanjutkan dengan Sambutan Wakil Dekan III dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan yaitu Dr. I Wayan Gede Gunawan, S.Si., M.Si yang sekaligus membuka kegiatan Seminar Nasional 2019 Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Universitas Udayana secara resmi dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan  didampingi oleh Koordinator Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Ketua Panitia Seminar Nasional, Ketua MAFFEST, dan Gubernur BEM Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV Moderator pertama oleh MC yang dimana moderator pada Seminar Nasional 2019  ini yaitu Saudari Felipa Kissa. Kemudian acara dilanjutkan dengan Talkshow pembicara 1,2 dan 3. Pukul 09.00 pembacaan CV oleh Moderator dimana pembicara pertama adalah Permana Yodiarso, ST., MT selaku Kepala Seksi Program dan Evaluasi Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL), pembicara kedua yaitu I Made Dwi Arbani, S.T.P., M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Bali dan  pembicara ketiga yaitu  Erwin Rindra Alianco yang merupakan perwakilan dari Komunitas Bye-bye Plastik Bag. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian serifikat dan foto bersama. Pukul 10.40 dibacakan CV pembicara  oleh Moderator dimana Moderator kedua pada Seminar Nasional 2019 yaitu saudara Gede Indra Putra Pratama. Pembicara kempat adalah Robi Navicula aktivis lingkungan yang bergerak di bidang sampah plastik, setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian serifikat dan foto bersama.

Pukul 11.50 dilanjutkan dengan makan siang dan acara hiburan. Pukul 12.55 acara dilanjutkan dengan pengumuman serta pembagian hadiah kepada penanya terbaik dan kontes foto terbaik sekaligus menjadi penutup pada acara Seminar Nasional 2019 ini.

Dengan adanya Seminar Nasional Fakultas Kelautan dan Perikanan 2019 diharapkan nantinya mampu mendapatkan penalaran lebih luas mengenai isu menyangkut sampah plastik dan mendapat infromasi pengalaman yang telah didapat oleh pembicara dalam hal pengelolaan, pemeliharaan dan pelestarian sekosistem laut.