Study Club Transplantasi Terumbu Karang

Dalam rangka menjaga ekosistem laut terutama ekosistem terumbu karang karena lebih dari 35 persen terumbu karang yang ada di Indonesia telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh tingkah laku manusia dan proses alami dari alam itu sendiri, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelutan dan Perikanan Universitas Udayana (HIMASILA FKP UNUD) periode 2017-2018 menjalankan program kerja bersifat keilmuan yaitu Study Club Transplantasi Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2018 yang diketuai oleh Putu Yuri khrisna Candradevi (Ilmu Kelautan 2017) berkolaborasi dengan Kementerian Sosial dan Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Pemeritahan Mahasiswa Universitas Udayana (BEM PM UNUD) yang diketuai oleh Niko Aji Purnomo (Ilmu Kelautan 2017), yang bersama-sama melaksanakan kegiatan Transplantasi Terumbu Karang 2018 yang bertakjub Rescue The Colors Under The Sea.
    Dimana  Study Club Transplantasi Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2018 bertujuan untuk mengajak masyarakat dan generasi muda untuk selalu menjaga keindahan yang ada dibawah laut, salah satunya yaitu dengan menjaga ekosistem terumbu karang. Selain itu acara ini juga didasari dengan masuknya Indonesia kedalam segi tiga terumbu karang (Coral Triangle).


    Kegiatan Transplantasi Terumbu Karang diikuti sebanyak 65 peserta dari mahasiswa maupun masyarakat. Terdapat dua rangkaian utama yaitu Coral workshop dan tranplantasi terumbu karang. Coral Workshop dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Oktober 2018 bertempat di Gedung IPD (Institute for Peace and Democracy) dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu: Made Iwan Dewantama dari Conservation International Indonesia (CII) dengan topik pembahasan pengenalan terumbu karang dan Coral Triangle dan pembicara  kedua yaitu I Nyoman Sepadyana Putra dari CV Bali Aquarium dengan topik pembahasan cara transplantasi dan pengembangan ekowisata terumbu karang. Selain itu dalam Workshop ini juga menghadirkan bintang tamu diantaranya ada Kalkulus Band dan Blue Water Band. Pada rangkaian kegiatan kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 07 Oktober 2018 yaitu merupakana acara puncak  transplantasi terumbu karang dengan teknik propagasi yang dilaksanakan di Pantai Melasti Desa Ungasan, dimana kegiatan transplantasi karang dilaksanakan jam 15.00 WITA dikarenakan menyusaikan dengan pasang surut air laut. Pada saat kegiatan transplantasi tersebut peserta akan diberikan bibit karang dan substrat, lalu peserta akan menempelkan bibit karang pada substrat setelah panitia memberikan lem dan menaruhnya pada meja yang sudah siapkan oleh panitia.
    Dipenghujung kegiatan peserta diajak untuk bermain games yaitu lomba ngisi pipa dan lomba balap karung sebagai hiburan dan kegiatan terakhir ditutup dengan melaksanana  Beach Clean up sepanjang arah jalan pulang menuju parkiran. Jadi, Study Club Transplantasi Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2018 selain memberikan edukasi juga meningkatkan tali persaudaraan antara sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, karena jika kita bisa menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita.
    Study Club Transplantasi Terumbu Karang HIMASILA FKP UNUD 2018 tidak hanya berhenti sampai disini, setiap bulannya akan melaksanakan monitoring. Dalam monitoring tersebut terumbu karang akan dibersihkan dan diukur pertumbuhannya, sehingga dapat diketahui apakah terumbu karang yang ditransplantasi mengalami perkembangaan yang signifikan. Setelah itu, data yang didapat akan dibuat sebuah kajian ilmiah tertulis.