WORLD OCEAN DAY 2018

World Ocean Day yang merupakan hari laut sedunia diperingati pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya. Acara World Ocean Day 2018 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana mengangkat tema One Step To Protect The Ocean yaitu berupa kegiatan pemberian materi mengenai spesies hewan laut yang dilindungi dan berbahaya, cara mencegah kerusakannya serta upaya untuk menjaga ekosistem dan hewan laut yang ada. Dalam acara World Ocean Day 2018 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana bekerjasama dengan SMA N 2 Kuta, Turtle Conservation and Education Center (TCEC), Marine Buddies Denpasar dan beberapa dosen di lingkungan Universitas Udayana.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia dan menjalankan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan periode 2018/2019. World Ocean Day 2018 HIMASILA FKP Unud berlangsung pada hari Senin, 11 Juni 2018 yang terbagi menjadi 2 sesi yaitu pemberian materi dan pameran spesies hewan laut. Dihadiri oleh Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, dosen Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Himpunan Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Himpunan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan Badan Semi Otonom Baruna Scientific Diving Club (BASIC) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Bapak Kepala Sekolah SMA N 2 Kuta, Guru dan Staff Pegawai SMA N 2 Kuta dan peserta yang merupakan mahasiswa/i aktif Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, siswa/i SMA N 2 Kuta serta Komunitas Pecinta Alam.

World Ocean Day 2018 diawali dengan registrasi peserta pada pukul 06.30-07.30 WITA bertempat di Aula SMA N 2 Kuta , kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan, acara dibuka secara langsung oleh Bapak Gede Surya Indrawan, S.Si., M.Si selaku dosen Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana yang ditandai dengan tiga kali tepukan microphone. Pukul 08.20 – 10.20 WITA berlangsung acara pemberian materi yang dipandu oleh moderator Hanifa Miranda, pemberian materi diberikan secara bergantian oleh ketiga pembicara. Materi mengenai pengenalan spesies hewan laut diberikan oleh Bapak Gede Surya Indrawan, S.Si., M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai upaya atau cara untuk menjaga spesies hewan laut tersebut, acara pemberian materi diakhiri oleh pembicara dari Turtle Conservation and Education Center (TCEC) dengan materi mengenai upaya perlindungan serta pelestarian spesies hewan laut dan ekosistemnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berlangsung selama 45 menit dan penyerahan plakat kepada Kepala Sekolah SMA N 2 Kuta, Bapak Gede Surya Indrawan,S.Si., M.Si., Marine Buddies Denpasar serta Turtle Conservation and Education Center (TCEC) yang diberikan oleh Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dan didampingi Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana serta Ketua Panitia World Ocean Day 2018. Seusai penyerahan plakat dan foto bersama, acara ditutup dengan penayangan video pengenalan kampus dan jurusan ilmu kelautan dari HIMASILA FKP UNUD.