WORLD OCEAN DAY 2019 HIMASILA FKP UNUD

World Ocean Day merupakan hari laut sedunia diperingati pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya. Untuk memperingati hari penting tersebut Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana mengadakan acara World Ocean Day 2019, yang mengangkat tema Pengelolaan Lingkungan Masyarakat pesisir yaitu berupa Pemberian materi dan demontrasi mengenai kegiatan pengelolaan masyarakat pesisir. Dalam acara World Ocean Day 2019 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana bekerjasama dengan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar), Bank Sampah Cemara Tabanan, dan beberapa dosen di lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia dan menjalankan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan. World Ocean Day 2019 HIMASILA FKP Unud berlangsung pada hari Minggu, 2 Juni 2019. Dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kelautan dan perikanan Universitas Udayana, Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan dari Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Himpunan Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, perwakilan Himpunan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Perwakilan Badan Semi Otonom Baruna Scientific Diving Club (BASIC) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Ketua Marine Debris Guard, Perwakilan Marine Buddies Denpasar, Guru SMP Wisata Sanur dan peserta yang merupakan mahasiswa/i aktif Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, siswa/i SMP Wisata Sanur.


    Kegiatan World Ocean Day 2019 diikuti sebanyak 50 peserta. Terdapat rangkaian acara yaitu Pemberian Materi, Demontrasi dan Beach Clean Up. Rangkaian acara World Ocean Day dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Juni 2019 bertempat di Pantai Matahari Terbir, Sanur  dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu Adityo Mursitantyo dari BMKG dengan topik pembahasan Mitigasi bencana tsunami dan gempa bumi, dan pembicara kedua yaitu I Nengah Suarta dari Bank Sampah Cemara Tabanan dengan topik bahasan Pengolahan Sampah. Pemberian Materi pertama dari BMKG yaitu bapak Adityo mursitantyo dengan topik bahasan Mitigasi bencana tsunami dan gempa bumi. Dan dilanjutkan dengan Pemberian Materi Kedua dari Bank Sampah Cemara Tabanan yaitu bapak I Nengah Suarta dengan topik bahasan Pengolahan Sampah dan setelah pemberian materi dilanjutkan Demontrasi yaitu Mengolah ulang sampah plastic menjadi minyak solar. Dipenghujung acara peserta diajak untuk Beach Clean Up  di sekitaran Pantai Matahari Terbir, sampah yang didapatkan yaitu organik : 0.920 kg dan Anorganik : 3,190 kg dan sampah tersebut langsung dibawa ke Tabanan tepatnya ditempat Bank Sampah Cemara mengolah sampah, sampah anorganik akan dijadikan bahan bakar solar dan sampah organik akan dijadikan pupuk dan acara ditutup dengan Foto Bersama


    World Ocean Day HIMASILA FKP UNUD 2019 selain memperingati hari laut sedunia juga kita mulai menyadarkan diri kita maupun orang lain, akan pentingnya menjaga keselamatan diri dari bencana serta pentingnya menjaga kebersihan laut agar ekosistem laut masih terjaga, dan juga  meningkatkan tali persaudaraan antara mahasiswa dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, karena jika kita bisa menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita.